Polda Sulut Kejar Otak ‘Mafia BBM’ di Sulawesi Utara

JurnalPatroliNews – Manado, – Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budianto memberikan penegasan soal penanganan kepolisian terkait masalah BBM Ilegal yang marak di Sulawesi Utara.

Irjen Pol Setyo mengatakan dari awal telah memberikan penekanan kepada Direskrimsus dan jajaran untuk melakukan penegakan hukum kepada para pengemudi, atau petugas SPBU yang “main mata” dengan para oknum mafia BBM.

“Saya sendiri sangat berharap yang terungkap kedepannya itu adalah intelektual leadernya,” ujar Setyo, Selasa (20/12/2022).

Intelektual leader yang dimaksud Irjen Pol Setyo Budiyanto ialah oknum yang berinisiatif, memiliki modal, dan yang menjalankan kegiatan ilegal tersebut untuk dialihkan kepada kegiatan industri.

Mantan Direktur Penyidikan KPK tersebut pun menegaskan jika menemukan intelektual leadernya akan langsung dikorporasikan perusahannya.

“Tidak berhenti sudah ada penangkapan, kami akan terus lakukan penegakan hukum terhadap yang lakukan penyelewengan BBM,” tegas Setyo

Dilain sisi, Kapolda Sulut mengaku tidak langsung berprasangka buruk terhadap mereka yang mengantri BBM, dan kerap menimbulkan kemacetan lalulintas.

“Saya tidak melakukan suudzon (berprasangka buruk) kepada mereka yang mengantri, terkait mereka melakukan penyalahgunaan, tentunya harus dengan teknik penyelidikan, yang dilakukan oleh Ditreskrimsus,” jelas Setyo.

Sebelumnya, Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Setyo Budianto telah memberikan atensi khusus soal dugaan mafia bahan bakar minyak yang marak di Sulawesi Utara.

Dia pun berjanji akan menindak tegas jika terjadi penyalahgunaan serta melakukan penyimbangan BBM.

“Saya tidak lagi melakukan cara pencegahan, dan itu sudah kami lakukan,” ungkap Kapolda.

Irjen Pol Setyo menegaskan jika Kapolri sudah memberikan perintah tegas terhadap penyakit masyarakat dan BBM Juga.

“Direktif saya adalah penindakan yang paling efektif adalah pencegahan, namum untuk permasalahan ini saya balik pencegahan paling efektif adalah penindakan tegas,” ujar Jenderal bintang dua tersebut.

Irjen Setyo mengaku sudah mendapatkan informasi yang didapatkan tentang permasalahan ini.

“Oleh karenanya dia berharap masalah ini bisa menjadi perhatian semua jajaran, beberapa instruksi dan perintah sudah saya sampaikan kepada anggota, Kapolres dan Direktur untuk kemudian ditindaklanjuti,” tandas Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Komentar