Sabtu, 15 Desember 2018 00:54 WIB

TRAVEL

4 Wisata Pemandian Air Panas, Yang Perlu untuk Dikunjung

E. Wardiyanto - jurnalpatrolinews
4 Wisata Pemandian Air Panas, Yang Perlu untuk Dikunjung Foto : Pemandian Air Panas Ciater

JURNALPATROLINEWS - Musim hujan telah tiba, tetapi itu bukanlah halangan untuk merencanakan liburan. Banyak tempat wisata yang sangat cocok dikunjungi saat musim hujan, salah satunya adalah tempat pemandian air panas.

Selain menghangatkan tubuh, pemandian air panas bisa menjadi salah satu solusi yang dilakukan untuk membuat tubuh menjadi lebih nyaman dan rileks. Cocok untuk Anda yang setiap harinya selalu dipenuhi dengan aktivitas padat.

Jika Anda ingin berwisata ke pemandian air panas, maka berikut ini adalah beberapa rekomendasi pemandian air panas di Indonesia :

1. Ciater, Subang

Salah satu pemandian air panas yang sering didatangi wisatawan adalah pemandian air panas Ciater. Lokasinya ada di Jawa Barat, lebih tepatnya di Kabupaten Subang. Sumber mata air panas Ciater ini berasal dari Gunung Tangkuban Perahu dan sangat alami.

Suhu air panas yang ada di pemandian Ciater berkisar antara 43 sampai 46 derajat celcius. Untuk menuju ke pemandian air panas ini, wisatawan juga akan mendapatkan pemandangan alam yang cantik. Wisatawan bisa melihat perkebunan teh dengan suhu yang sejuk.

2. Candi Umbul, Magelang

Pemandian air panas di Indonesia yang satu ini berada di Jalan Candi Umbul, Grabag, Kartoharjo, Grabag, Magelang, Jawa. Dulunya, pemandian ini adalah pemandian dari raja dan permaisuri Mataram.

Kini lokasi ini dibuka untuk tempat wisata di Magelang. Wisatawan bisa mandi di kolam yang besar dan berdampingan. Keduanya memiliki suhu air yang berbeda, yaitu panas dan dingin.

Keunikan dari tempat mandi air panas yang satu ini adalah tidak berbau belerang. Selain itu dari pemandian bisa juga dilihat Candi Umbul. Untuk menuju ke lokasi ini, tidak ada angkutan umum, sehingga direkomendasikan menggunakan kendaraan pribadi saja.

3. Baturraden, Purwokerto

Pemandian air panas ini berada di dekat kota Purwokerto yang berada di selatan dari Gunung Slamet. Hawa dan suhu di sekitar pemandian ini sangat sejuk dan cocok untuk dinikmati ketika berwisata alam. Pemandian air panas di Baturraden ini memiliki 2 lokasi, yaitu pancuran pitu dan pancuran telu.

Pancuran pitu artinya air mancur tujuh, sedangkan pancuran telu artinya air mancur tiga. Nama ini sesuai dengan jumlah air mancur yang ada di sana. Suhu di pancuran pitu ini kabarnya sangat panas, yaitu sekitar 60 derajat Celcius.

4. Puncak Darajat, Garut

Pemandian air panas di Indonesia selanjutnya berada di Garut, yaitu lebih tepatnya di Puncak Darajat. Pemandian air panas ini terbilang lebih modern daripada pemandian air panas lainnya, karena lokasi wisata ini sudah dikelola dengan cukup baik. Puncak Darajat juga merupakan salah satu dari daftar tempat wisata di Garut yang direkomendasikan.

Bahkan konsep dari pemandian air panas ini menyerupai waterboom mini. Fasilitas mandi yang ada juga cukup lengkap, dengan ember tumpah dan beberapa papan seluncur yang menarik. Tentunya lokasi ini cocok untuk wisata keluarga, terutama anak-anak karena memiliki tampilan dan permainan air yang lengkap, walau merupakan pemandian air panas di lokasi yang alami.


KOMENTAR