Kamis, 15 November 2018 19:29 WIB

KULINER

7 Manfaat Konsumsi Matcha, Jangan Abaikan Minuman Ajaib Ini!

Ferdinand Mannopo - jurnalpatrolinews
7 Manfaat Konsumsi Matcha, Jangan Abaikan Minuman Ajaib Ini! Foto : Green Tea Latte atau Matcha Latte.

Jurnalpatrolinews -  Jakarta,  Minuman khas Jepang ini memang sudah lama disukai banyak orang, aplaagi karena banyak sekali manfaat sehat mengonsumsinya. Dengan warna hijaunya yang khas serta rasanya yang unik di lidah, matcha bahkan menjadi salah satu minuman paling sehat di dunia.

Ini dia sekian manfaat konsumsi matcha yang harus diketahui semua orang, dilansir dari Healthline.com.

1. Tinggi antioksidan

Matcha mengandung tinggi katekin, yaitu semacam senyawa antioksidan kuat yang mampu melawan radikal bebas. Antioksidan ini mampu menjaga sel-sel sehat dan mencegah tubuh dari penyakit kronis.

2. Menjaga hati dan ginjal

Liver atau hati memang menjadi salah satu organ dalam yang besar dan bisa memperbaiki diri sendiri dengan cepat namun juga perlu dijaga, caranya dengan minum matcha. Penelitian menemukan bahwa matcha mampu menjaga kesehatan hati dan ginjal pada penderita diabetes. Bahkan pada alkoholik, matcha yang dikonsumsi rutin mampu menurunkan kadar enzim sehingga bisa mencegah risiko kerusakan liver.

3. Meningkatkan fungsi otak

Beberapa penelitian menemukan bahwa komponen matcha mamapu meningkatkan fungsi otak dan kognitif. Orang yang minum matcha menunjukkan peningkatan ingatan, reaksi yang cepat dan fokus. Ini karena kandungan kafein yang tepat pada matcha.

4. Mencegah kanker

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tingginya antioksidan pada matcha menjadikan minuman ini dapat mencegah kanker. Matcha secara spesifik mengandung epigallocatechin-3-gallate (EGCG), sejenis catechin yang telah terbukti memiliki sifat anti kanker yang kuat. Senyawa ini mamppu mencegah dan melawan sel kanker prostat, kulit, paru-paru dan liver.

5. Menjaga jantung

Konsumsi matcha jugta bermanfat untuk kesehatan jantung karena mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Matcha mampu menghambat oksidasi LDL dan menjaga tekanan darah serta kelancaran pembuluh darah.

6. Turunkan berat badan

Matcha juga dipercaya mampu menurunkan berat badan karena rendahnya kalori dalam minuman ini namun tinggi antioksidan sehingga menurunkan reaksi inflamasi di dalam tubuh. Satu penelitian bahkan menemukan bahwa matcha mampu meningkatkan pembakaran lemak hingga 17 persen dari keadaan normal dan membantu menjaga berat badan.

7. Mudah didapat dan diminum

Tidak seperti jus yang perlu dicuci dulu bahannya, dan diblender, Matcha lebih mudah disiapkan dan banyak dijual di pasaran. Cukup menyeduhnya dengan air hangat kuku dan diminum begitu saja. Sangat mudah disiapkan dan tidak merepotkan.

Nah, itu dia manfaat konsumsi matcha yang tentu sangat dibutuhkan tubuh. Jadi, selalu miliki matcha di rumah ya. (Sumber : fimela.com)


Berita Terkait
KOMENTAR
Kontak Informasi
Redaksi : ekawdy77ads@gmail.com
Media Partner : ekawdy77ads@gmail.com
Iklan : jurnalpatroli2016@gmail.com, WA 081318185028