Senin, 24 Juni 2019 20:10 WIB

INSPIRASI DAN UNIK

Apa Penyebab Perut Kembung Usai Minum Kopi?

E. Wardiyanto - jurnalpatrolinews
Apa Penyebab Perut Kembung Usai Minum Kopi? Foto : Ilustrasi Kopi

JURNALPATROLINEWS – Kopi menjadi salah satu minuman favorit banyak orang. Tetapi, banyak pula yang mengeluhkan perut kembung setelah minum kopi. Apa yang menyebabkan perut kembung setelah minum kopi?

Dilansir dari Klik Dokter, berikut berbagai alasan perut kembung setelah minum kopi.

1. Sifat asam dari kopi

Kopi secara natural bersifat asam sehingga dapat memicu produksi cairan asam lambung. Saat asam lambung naik, maka perut akan menjadi terasa lebih penuh dan kembung.

Selain itu, kopi juga sebenarnya membuat Anda lebih sulit buang air besar, sehingga membuat isi perut menumpuk di dalam tubuh, termasuk gas. Hal ini yang membuat perut Anda kembung. 

2. Campuran susu yang Anda tambahkan

Perut kembung setelah minum kopi dapat disebabkan oleh campuran susu sebagai pemanis kopi Anda. Namun pada beberapa orang yang punya intoleransi laktosa, susu bisa menyebabkan perut kembung setelah minum kopi bahkan hingga diare.

3. Gula yang Anda gunakan dalam kopi

Anda suka kopi yang manis atau pahit? Kalau Anda suka kopi manis, berapa banyak gula yang Ada gunakan? Ternyata, terlalu banyak menggunakan gula justru membuat kondisi ini semakin parah. Makanan manis juga dapat memicu  rasa penuh di area perut dan membuat Anda tak nyaman.

4. Masalah pencernaan

Mungkin sebelumnya Anda sudah mengalami gangguan pencernaan, kemudian diperparah dengan kebiasaan minum kopi. Gangguan pencernaan yang biasanya menimbulkan perut kembung contohnya gangguan asam lambung dan irritable bowel syndrome.

Jika Anda mengalami perut kembung usai minum kopi, sebaiknya hindari minum kopi ketika perut kosong. Hal ini hanya akan membuat asam lambung naik dan kemudian muncul gejala perut kembung. Selain itu, coba juga kurangi kadar gula yang Anda gunakan, serta hindari penggunaan susu bila Anda memang memiliki intoleransi laktosa. Jika perut kembung tak kunjung sembuh, maka sebaiknya periksakan diri ke dokter.

(YN)


KOMENTAR