Sabtu, 14 Maret 2020 00:10 WIB

KESEHATAN DAN INTIM

Balai Besar POM Berikan 'Edukasi' Obat dan Makanan Sasar Pelajar

Ferdinand Mannopo - jurnalpatrolinews
Balai Besar POM Berikan 'Edukasi' Obat dan Makanan Sasar Pelajar Foto : Istimewa

JurnalPatroliNews - Buleleng -- Maraknya perdagangan makanan dan obat-obatan secara bebas di pasaran menimbulkan efek negatif terutama bagi masyarakat yang mengkonsumsi. Hal itu mendorong Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BB POM) Denpasar untuk terus melakukan sosialisasi menyasar masyarakat, pelajar, mahasiswa dan instansi-instansi, agar dapat meninimalisasi kerugian akibat peredaran obat dan makanan tersebut.

BB POM Denpasar menggandeng anggota Komisi IX DPR-RI Ketut Kariasa Adnyana, SP yang saat ini tengah gencar menyelenggarakan kegiatan pemberdayaan masyarakat tentang obat dan pangan aman menyasar siswa/siswi setingkat SMA/SMK di seluruh Bali, sehingga para siswa mengetahui tentang makanan dan obat yang bisa dikonsumsi yang aman bagi kesehatan.

BB POM Denpasar bersama anggota Komisi IX DPR RI Ketut Kariyasa Adnyana, Selasa (10/03) kembali menyelenggarakan kegiatan yang sama di SMA Negeri Bali Mandara, Kecamatan Kubutambahan. Sebelumnya, kegiatan yang sama juga dilakukan di SMA Negeri 1 Busungbiu.

Anggota DPR RI Dapil Bali asal Buleleng, Ketutyasa Adnyana, SP mengatakan, perlunya dilakukan sosialisasi tentang obat dan pangan aman agar para siswa lebih selektif saat mengkonsumsi obat dan makanan.

Kariyasa Adnyana menambahkan, walau saat ini banyak beredar makanan dan obat tentunya masyarakat harus cerdas untuk memilih bahan yang aman demi kesehatan.

“Kami mengajak BPOM ini biar masyarakat tahu, karena bagaimanapun kalau itu dikonsumsi secara terus menerus, tentu akan membuat penyakit, kanker, dan sebagainya,” ungkapnya.

Kariyasa Adnyana mengatakan, Komisi IX DPR-RI membidangi kesehatan, tenaga kerja, pendidikan, Badan POM dan BPJS tentunya terus melakukan edukasi hingga ke akar rumput, muaranya agar masyarakat sehat diawali dari prilaku hidup sehat.

Kepala BB POM Denpasar, Ni Gusti Ayu Nengah Suarningsih, Apt, MH mengajak seluruh lapisan masyarakat khususnya para pelajar agar tetap berhati-hati bila mengkonsumsi obat dan pangan. Bila secara terus-menerus mengonsumsi makanan atau obat yang tidak sesuai ketentuan, akan berpengaruh terhadap kesehatan. Untuk itu masyarakat dihimbau mengkonsumsi makananan atau obat yang telah terdaftar di BPOM.

SMA Negeri Bali Mandara salah satu SMA unggulan di Bali dan seluruh keperluan siswa dikerjakan oleh siswa, termasuk makan, minum dan ketersediaaan obat di klinik.

Kepala SMA Negeri Bali Mandara, Nyoman Darta, S.Pd, M.Pd, mengatakan khusus ketersediaan makanan yang dikonsumsi oleh siswa, secara periodik dilakukan pemeriksaan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan. Menurut Darta, makanan yang dikonsumsi siswa harus terjamin, karena kesehatan mutlak untuk menghasilkan generasi berkualitas.

Saat kegiatan sosialisasi diperkenalkan pula produk obat dan makanan yang bisa dan layak dikonsumsi serta aman untuk kesehatan.

(TiR).--


KOMENTAR
Kontak Informasi
Redaksi : ekawdy77ads@gmail.com
Media Partner : ekawdy77ads@gmail.com
Iklan : jurnalpatroli2016@gmail.com, WA 081318185028