JPNews

JURNALPATROLINEWS – Siapa, sih yang enggak pengin punya bibir yang sehat dan merona alami meski tanpa pulasan lipstik. Sayangnya, gaya hidup, paparan sinar matahari hingga polusi menjadikan bibir kering dan gelap.

Memakai lipstik memang jadi cara ekspres untuk 'sembunyikan' bibir yang berwarna gelap. Tapi ada lho, cara mudah supaya bibir gelap Anda kembali cerah.

Nah, Berikut cara alami untuk membantu kembalikan warna alami bibir.

Gunakan Pelembap Bibir

Jika tidak diatasi, bibir kering dan pecah-pecah bisa menyebabkan bibir gelap dan berpigmen. Oleskan lip balm secara teratur, setiap harinya. Hindari lip balm berbahan petrolatum karena tidak bermanfaat dalam jangka panjang. Pilih pelembap dengan kandungan alami seperti madu alami, cadillac wax, gliserin, minyak almond, dan Vitamin E.

Jaga Agar Tubuh dan Bibir Terhidrasi

Bibir yang lembap menghasilkan semburat merah muda dan kenyal, sedangkan bibir kering terlihat sebaliknya, gelap dan kusam. Menjaga tubuh tetap terhidrasi akan menjauhkan bibir dari kekeringan. Menjaga kelembapan dari luar saja tidak cukup, harus dari dalam juga.

Lapisi Bibir dengan Lip Balm

Oleskan lip balm sebelum menggunakan lipstik. Gunakan lipstik glossy buat kamu yang memiliki bibir kering. Jika kamu ingin menggunakan lipstik matte, pastikan kamu mengoleskan pelembap bibir lebih dulu.

Scrub Bibir

Scrub bibir akan menyingkirkan sel-sel kulit mati pada bibir dan menghasilkan bibir lembut. Pada pagi hari, gosok bibir perlahan untuk mengangkat sel kulit mati menggunakan sikat gigi yang berbulu lembut agar bibir tidak terluka.

Cara lainnya yaitu dengan membuat scrub bibir dari gula pasir. Campur gula pasir dengan petroleum jelly atau lip balm dan oleskan pada bibir. Gosok bibir dengan gerakan memutar dan bersihkan dengan kain atau kapas.

Hindari Lipstik Berwarna Gelap

Lipstik yang gelap dan berpigmen dapat menutup semburat merah muda dari bibir kamu. Gunakan lipstik dengan warna lembut atau warna nude. Pastikan kamu membeli lipstik yang sudah teruji BPOM agar lebih aman dan tidak merusak bibir.

Gunakan Kelopak Mawar

Hancurkan beberapa kelopak bunga mawar dan tambahkan satu sendok teh madu ke dalamnya. Oleskan campuran ini ke bibir selama 10-15 menit dan bersihkan dengan kapas basah. Setelah itu gunakan lip balm untuk menjaga kelembapannya.

Bunga mawar mampu menambahkan rona merah muda di bibir. Lakukan perawatan ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Perhatikan Hal Ini!

Hindari paparan sinar matahari, sebab penggelapan bibir dapat terjadi karena adanya pigmen melanin berlebih di wilayah bibir. Matahari meningkatkan melanin dalam tubuh. Oleh karena itu, sangat penting untuk melindungi diri dari sinar UV matahari yang berbahaya dengan menggunakan produk pelindung bibir, seperti lip balm yang mengandung SPF.

 


Berita Terkait
KOMENTAR