Rabu, 12 Juni 2019 00:46 WIB

PARENTING

Begini Trik Agar Si Kecil Doyan Makan

E. Wardiyanto - jurnalpatrolinews
Begini Trik Agar Si Kecil Doyan Makan Foto : Ilustrasi pola makan anak

JURNALPATROLINEWS – Kebiasaan makan yang baik, sudah seharusnya diterapkan pada anak sejak dini. Hal ini dapat bermanfaat, baik untuk pemenuhan nutrisi anak yang berkaitan erat dengan tumbuh kembang anak.

Kebiasaan makan yang baik melalui pemenuhan nutrisi dapat didukung oleh cara pemberian makanan yang benar. Penerapan kebiasaan makan yang baik pada masa pengenalan makanan padat secara bertahap dapat dimulai saat tubuh anak siap secara fisik yang tetap diselingi dengan ASI.

Biarkan anak mencoba jenis makanan pendamping ASI sebanyak 15 kali. Tidak perlu khawatir kalau anak melepeh, bukan berarti anak tidak suka, tapi dia sedang mengolah rasa dan tekstur. Tetap diselingi dengan ASI, lalu coba suapi MPASI sesekali.

Berbeda dengan anak yang sudah cukup lama memulai MPASI, disarankan untuk menghindari pemberian ASI sebelum mengonsumsi MPASI. Selain itu, berikan peralatan makan yang menarik untuk lebih membuat anak menyukai proses makan.

Makan harus sesuatu yang menyenangkan terlebih buat bayi yang baru belajar. Pilih piring dan sendok yang lucu. Jangan sambil lihat gadget tapi harus fokus karena makan adalah proses belajar.

Hal lainnya yang jarang diperhatikan orangtua adalah proses makan dengan melibatkan kontak mata. Momen ini membuat si kecil merasakan kebahagiaan saat proses makan berlangsung.

Waktu makan adalah periode learning and love. Jangan menyalahkan anak kalau anak enggak mau makan, harus sabar dan beri kontak mata serta ajak anak bercakap-cakap.

(YAN)


Berita Terkait
KOMENTAR