Rabu, 26 Juni 2019 02:57 WIB

TRAVEL

Bukit teletubbies, Keindahan Alam Bagai Surga di Banggai

E. Wardiyanto - jurnalpatrolinews
Bukit teletubbies, Keindahan Alam Bagai Surga di Banggai Foto : Bukit Teletubbies

JURNALPATROLINEWS – Banggai, wilayah yang terletak di Sulawesi Tengah ini mungkin tak seakrab daerah wisata lain di Indonesia, tapi jangan pandang remeh, justru itu Banggai memiliki pantai yang dengan air sangat jernih serta pesona alam lainnya.

Bahkan menurut Wakil Bupati Banggai, Mustar Labolo yang ditemui usai jumpa pers Banggai International Tuna Fishing Tournament (BITFT) 2019, di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat, mengatakan bahwa Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti sampai dua kali datang ke sana untuk menyelam.

"Bu Susi sampai dua kali kembali ke sini (pantai Kilo 5) untuk diving, airnya bersih," ujarnya.

Wilayah yang sebentar lagi akan menggelar turnamen memancing internasional di bulan September ini nyatanya tak hanya memiliki jenis ikan unik yang hanya ada satu-satunya di dunia, yaitu Banggai Cardinalfish, tapi juga masih memiliki segudang pesona yang tidak boleh dilewatkan.

Jangan cemaskan soal penginapan, karena di sini juga sudah banyak berdiri hotel bintang tiga dan empat, serta semakin mudah dengan adanya penerbangan langsung ke Luwuk. Dan berikut ini antara lain empat tujuan wisata yang wajib dikunjungi saat datang ke Banggai. 

Pantai Kilo 5

Pantai ini menjadi ikon Kota Luwuk dan tak jauh dari kota ini memiliki warna air biru muda yang jernih seolah tengah memamerkan keindahan batu karang yang ada di bawahnya. Menurut Mustar, tempat ini biasa dijadikan tempat snorkling, diving karena bersih. Pantai ini juga menjadi tempat tinggal 417 spesies ikan hias.

Air Terjun Piala

Air terjun dengan warna hijau dikelilingi pepohonan nan hijau yang pastinya akan mempercantik feed Instagram ini menjadi salah satu tempat rekomendasi Wakil Bupati Banggai untuk disambangi ketika datang ke Luwuk. Lokasinya juga tidak begitu jauh dari pusat kota Luwuk, hanya sekitar 20 menit. Air terjun berundak dan warna air kehijauan rasanya membuat lupa bahwa tempat ini ada di Indonesia.

Bukit Teletubbies

Bukan hanya Bromo yang punya, Banggai juga punya bukit Teletubbies. Terletak di Desa Lumpoknyo, tempat ini bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 45 menit. Hamparan warna hijau seperti permadani yang menutupi bukit berombak membuat siapa pun tak segan untuk mengabadikan keindahan alam ini, terlebih saat matahari terbenam atau mungkin bisa juga untuk menikmati bintang-bintang di malam hari.

Air terjun Salodik

Berjarak sekitar 15 kilometer dari Kota Luwuk, air terjun ini seperti surga yang ada di dalam hutan alami. Bentuknya yang bertingkat-tingkat dengan air berwarna hijau kebiruan, membuat tempat ini cocok untuk sekadar melepas penat dari hiruk pikuk kota.

(YN)


KOMENTAR