Rabu, 10 Juli 2019 21:55 WIB

KESEHATAN DAN INTIM

Gejala Maag, Sadari dan Tak Boleh Disepelekan

E. Wardiyanto - jurnalpatrolinews
Gejala Maag, Sadari dan Tak Boleh Disepelekan Foto : ILUSTRASI - Sakit Maag

JURNALPATROLINEWS – Maag adalah sebuah istilah yang biasanya digunakan untuk menggambarkan keluhan pada sistem pencernaan. Maag dapat dialami oleh siapa saja, tapi umumnya gejala maag ini bisa bervariasi pada setiap orang.

Berikut ini berbagai gejala umum yang akan muncul ketika seseorang mengalami maag.

1. Nyeri pada dada seperti terbakar (heartburn)

Gejala paling awal yang biasanya dirasakan ketika maag muncul yakni dengan naiknya asam lambung. Produksi asam dalam jumlah banyak pada lambung, akan membuatnya mengalir naik ke atas.

Selanjutnya, asam lambung akan terus mengalir hingga ke ulu hati, dada, lalu mencapai kerongkongan. GERD atau refluks asam lambung merupakan salah satu penyebab maag yang memiliki ciri khas seperti ini.

2. Perut kembung

Gejala naiknya asam lambung karena maag biasanya akan menghasilkan banyak gas di dalam perut. Penumpukan jumlah gas tersebutlah yang kemudian membuat perut terasa kembung, seperti penuh terisi banyak makanan atau minuman.

3. Sakit perut

Semua kondisi yang menyerang sistem pencernaan, umumnya akan menimbulkan rasa nyeri atau sakit pada perut. Biasanya, Anda akan merasakan gejala berupa naiknya asam lambung yang seolah sudah memenuhi seisi perut.

Alhasil, kondisi tersebutlah yang kemudian membuat Anda mengeluhkan sakit perut. Namun, tidak jauh berbeda dengan rasa nyeri pada dada, sakit perut sebagai gejala maag ini bisa disebabkan oleh beragam penyakit tertentu.

4. Mual dan muntah

Mual dan muntah bisa menjadi gejala maag yang disebabkan oleh berbagai gangguan pencernaan. Misalnya peradangan lambung atau gastritis, tukak lambung, maupun infeksi perut.

5. Mulut terasa asam atau pahit

Selain mengalami ketidaknyamanan pada perut, dada, disertai dengan mual dan muntah, mulut biasanya juga terasa asam atau pahit. Ini terjadi karena asam lambung, serta makanan dan minuman yang baru dikonsumsi justru kembali ke kerongkongan.

Kenaikan semua hal tersebutlah yang kemudian membuat mulut terasa pahit atau asam, yang tentunya aneh tidak seperti biasanya. Rasa aneh pada mulut tersebut lebih cenderung timbul di bagian belakang.

6. Sering bersendawa

Sendawa yang dilakukan oleh orang dalam kondisi normal atau sehat ternyata berbeda dengan orang yang mengalami gejala maag. Jika biasanya sendawa hanya terjadi sesekali khususnya setelah makan, hal tersebut tidak berlaku bagi Anda yang mengalami maag.

Sendawa yang merupakan satu dari beberapa gejala maag ini biasanya terjadi berulang kali, tidak peduli Anda sudah atau belum makan. Kondisi ini memang bisa terjadi secara otomatis, demi meringankan keluhan perut yang sakit dan penuh dengan asam, gas, serta udara.

7. Mudah merasa kenyang

Ketika diserang oleh gejala maag, perut biasanya terasa sakit karena dipenuhi oleh produksi asam lambung serta gas. Kondisi ini yang tanpa sadar membuat Anda merasa kenyang, seperti baru saja makan dan minum.

(YN)


Berita Terkait
KOMENTAR