Minggu, 15 September 2019 23:19 WIB

TRAVEL

Goa Liang Bangkai, Goa Cantik Ibu Kota Peradaban Prasejarah

Ferdinand Mannopo - jurnalpatrolinews
Goa Liang Bangkai, Goa Cantik Ibu Kota Peradaban Prasejarah Foto : Goa Liang Bangkai. Image via: Rach Schoolarship

Jurnalpatrolinews - Travel, Goa Liang Bangkai sebenarnya adalah sebuah nama untuk kompleks goa yang ada di gunung liang bangkai. Di gunung kapur in ada tidak kurang dari 7 goa yang semuanya bisa disusuri.

Di goa goa di kompleks ini bersarang burung dan kelelawar. Di goa utama, dikatakan ada batu yang menyerupai orang yang sedang menyusui. Tapi medan cukup ekstrem untuk sampai kesana.

Mobil bisa masuk kawasan goa pada musim panas, kalau musim hujan mobil double gardan yang enak digunakan. Salah satu yang unik di kompleks hoa ini, selain goa kelelawar ada yang disebut Goa Babi. Konon goa itu tempat babi hutan berkembang biak.

Lokasi Goa Liang Bangkai

Goa Liang Bangkai ini berada di daerah Desa Dukuh Rejo Kecamatan Mantewe, kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Objek wisata Goa Liang Bangkai ini terletak 50Km dari pusat Kota Kabupaten Tanah Bumbu, dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam perjalanan darat.

gerbang goa liang bangkai berhiaskan patung kelelawar menunjukkan jika pada beberpa goa di kompleks ini terdapat hunian kelelawar
Gerbang lokasi. Image via: zianarmie  

Rute Menuju Goa Liang Bangkai

Kondisi jalan menuju lokasi Gua liang bangkai sebagian besar sudah bagus, dengan jalan yang sudah dikeraskan. Hanya pada sekitar 3 km terakhir, kualitas jalan kurang baik.

 

Jika memulai perjalanan menuju Gua dari pusat kota Kabupaten tanah bambu rute yang ditempuh bisa dimulai dari depan kantor bupati, di jalan Jl. Dharma Praja No.1, Pondok Butun, Tanah Bumbu, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Perjalanan dimulai dengan Ke arah utara di Jl. Dharma Praja, sejauh 3,7 km. Di bundaran, ambil jalan keluar pertama menuju Jl. Lingkar. Lintasan ini panjangnya sekitar 12,5 km, hingga mencapai pertigaan jalan transmigrasi.

Sampai di pertigaan jalan transmigrasi, Belok kiri ke Jl. Transmigrasi Plajau. Terus ke Jl. Transmigrasi sejauh sekitar 17 km.

Banyak belokan dan persimpangan yang harus dilewati untuk sampai ke goa liang bangkai, tapi pengunjung tidak akan kesulitan untuk menemukan goa. Di setiap persimpangan terdapat papan penunjuk. Mendekati goa, pengunjung dapat menyaksikan deretan pegunungan dan perbukitan yang seperti dinding raksasa. Goa itu sendiri adalah kaki dari bukit kapur.

Puncak gunung liang bangkai. merupakan gunung batu kapur yang memiliki banyak goa
Puncak gunung liang bangkai. Image via: @liangbangkai

Jam Buka Goa Liang Bangkai

Goa ini tidak memiliki jam operasional resmi. Jadi secara teknis goa liang batu buka 24 jam. Namun untuk alasan keamanan sebaiknya hindari kunjungan saat hari sudah gelap. Terkecuali sudah ada persiapan matang untuk itu.

Tiket Goa Liang Bangkai

Pengunjung yang ingin melihat keagungan alam berupa lorong bebatuan kapur ini dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per-orang. Dari tiket itu Rp 3.000 untuk Pemda dan sisanya untuk Desa.

Harga ini belum termasuk guide pemandu tur dan senter. Jika ingin memperoleh 2 fasilitas itu, ada biaya lain yang mesti dibayarkan.

Hal Menarik di Goa Liang Bangkai

  1. Goa-Nya Banyak

Interior goa liang bangkai yang luas menyebabkan pengunjung leluasa dan nyaman menikmati suasana di dalam goa
Luas dan bercabang. Image via: tanahbumbukab.go.id

Gunung Liang Bangkai memiliki goa yang sangat banyak, nama goa yang terdapat di gunung ini yaitu goa tujuh pintu, goa kelelawar, goa batumuda, goa candi, goa putri, dan banyak lagi. Gunung ini juga dapat didaki sehingga bisa dijadikan salah satu tujuan jika Anda sedang berada di kalimantan selatan.

Goa ini memiliki beberapa keunikan yaitu berbau bangkai dan banyak terdapat kelelawar. Goa Liang Bangkai ini juga mempunyai nilai mitos sekaligus historis yakni kisah rakyat tentang keberadaan manusia purba.

Menurut peta lokasi dan penjelasan dari pemandu wisata di sekitar goa ini, ada sekitar 11 lubang goa yang bisa dikunjungi, di samping beberapa terasan dan lorong yang juga bisa ditelusuri.

Untuk menjelajah seluruh lubang goa tidak cukup jika hanya satu hari saja, dari penjelasan pemandu wisata untuk menelusuri seluruh lubang goa dan menuju puncak bukit bisa memakan waktu 2 hari bahkan lebih.

  1. Telusur Goa

Susana di dalam goa liang bangkai dipenuhi dnega ornamen alam berupa stalagmit dan stalaktit yang indah
Susur gua. Image via: guideku.com

Bagi pencinta wisata susur Goa, menyusuri Goa liang bangkai mungkin merupakan kebahagiaan Tak Ternilai bagi mereka. Gua yang sangat panjang dan luas serta memiliki banyak pintu. Dalam peta yang dikeluarkan pengelola, paling tidak ada 11 pintu masuk gua di area gunung liang bangkai.

Ketika menyusuri Goa pengunjung akan bertemu dengan kondisi gua yang masih sangat natural. Intervensi manusia masih sangat minim. Hal yang pertama kali disadari, tentu saja adalah bau menyengat dari guano, kumpulan kotoran kelelawar yang telah membusuk selama ribuan tahun di dalam gua ini.

Melanjutkan perjalanan ke dalam gua, pengunjung akan menemukan stalaktit dan stalagmit indah di dalam gua. Walaustalaktit dan stalakmit nya tidak spektakuler Goa Gong di Pacitan, namun paling tidak stalaktit dan stalagmit di sini sudah cukup untuk menggetarkan hati. Mengingatkan kepada gigi-gigi binatang buas yang menonjol di lantai dan di langit dinding gua lantai gua.

Lantai Goa seringkali dalam kondisi basah. Ini sesuai dengan kondisi Goa yang berada di daerah tropis dan merupakan daerah resapan air. Ini justru menunjukkan bahwa kondisi goa dan ekosisitemnya masih sehat.

Untuk menyusuri Goa sebaiknya pengunjung mengajak seorang guide dari warga lokal cari resiko tersesat akibat dari luasnya gua ini

  1. Rumah Bagi Manusia Purba

Goa liang bangkai merupakan situr arkeologi bersejaraha yangmerupakan lokasi pemukiman manusia purba masa puluhan ribu tahun silam
Peradaban Purba. Image via: @liangbangkai

Simak juga: Goa Gajah Bali.

Bukan hanya karena keindahan alamnya, tapi gua itu juga sarat nilai sejarah. Berdasarkan penelitian, gua tersebut pernah ditinggali manusia sejak ribuan tahun silam.

Penelitian yang berlangsung pada 2010 ini, menemukan beberapa bukti. Di antaranya tulang rangka manusia yang ditemukan tahun 2014. Selain rangka manusia, di gua itu juga ditemukan peninggalan berupa peralatan makan.

Saat itu, manusia penghuni gua menggunakan batu serpih yang fungsinya sama dengan pisau. Manusia masa itu belum mengenal logam.  Di dinding gua terdapat gambar atau lukisan hewan. Bahan gambarnya seperti arang, tapi ternyata bukan arang.

Bukan bahan padat, tapi dari bahan cair. Cuma bahan cairnya ini belum tahu apakah campuran getah atau apa, serta alat digunakan untuk menggoreskan ke dinding goa belum diketahui.

Geolog mengatakan Gua Liang Bangkai ini merupakan bukti gamping tertua di Indonesia. Menurut penelitian mereka, lokasi Goa Liang Bangkai pada masa itu termasuk ramai. Kalau diibaratkan mungkin ibu kota masyarakat masa itu ada di goa ini.

  1. Tersedia Jasa Guide

menyusuri goa ling batu sebaiknya Di dampingi guide, selain untuk menjelaskan objek objek di dalam goa juga untuk menjaga kemungkinan nyasar.
Di dampingi guide. Image via: @liangbangkai

Ada banyak pemandu wisata yang tersedia untuk dipakai jasanya di goa liang bangkai ini. Mereka sudah sangat hapal dengan seluk beluk goa liang bangkai. Karena goa liang bangkai sangat besar maka sebaiknya kita menggunakan jasa pemandu wisata agar tidak tersesat.

Sebelum masuk ke goa liang bangkai biasanya para pemandu wisata akan menjelaskan sedikit peraturan untuk masuk kedalam goa liang bangkai ini, salah satunya jangan buang sampah sembarangan. Para pemandu wisata akan menawarkan paket untuk beberapa goa yang akan dieksplorasi. Harga paket beragam tergantung tingkat kesulitan lintasan yang dipilih.

Untuk mengeksplor goa-goa tersebut kita harus merayap dan mendaki, maka gunakanlah pakaian yg nyaman dan safety jika ingin mengeksplor semua goa. Selain mengekspor beberapa goa mereka juga menawarkan paket untuk rute puncak/ pendakian.

sebagai objek alam yang spektakuler, goa ling batu juga cantik digunakan sebagai latar pengambilan foto
Cantik juga buat foto. Image via: Adela Ayu Ningtias

Simak juga: Goa Gong Pacitan

Tips Mengunjungi Goa Liang Bangkai

Beberapa tips jika ingin berwisata ke Goa Liang Bangkai. Semoga Bermanfaat :

  • Datanglah pada hari Minggu atau Libur Besar, jika anda datang di luar hari itu kemungkinan hanya anda saja yang berada di situ.
  • Bawalah kelengkapan makanan dan minuman, karena warung-warung yang ada terletak di sana hanya buka sewaktu-waktu
  • Bawalah alat penerangan berupa senter jika ingin masuk ke dalam goa.
  • Mintalah pemandu wisata yang ada di sana untuk memandu rombongan saat masuk ke dalam Goa Liang Bangkai. Pengunjung akan disuguhkan Panorama Indah selama berada di dalam Gua.
  • Pastikan anda dalam kondisi yang prima sebelum masuk ke dalam gua.
  • Bersikaplah Sopan selama berada di dalam kawasan Goa Liang Bangkai dan patuhi rambu-rambu yang berlaku di sana.
  • Bagi yang hobi mancing, di sekitar gua ini juga terdapat danau alami yang cocok untuk para wisatawan yang memiliki hobi mancing. Jangan lupa membawa perlengkapan pancing anda karena di sana tidak ada yang menjual perlengkapan pancing.
interior dalam goa ling batu terlihat lapang dan cantik, menarik untuk dijelajahi lebih dalam
Goa yang Cantik. Image via: Isa Ansari

Objek Wisata Dekat Goa Liang Bangkai

Bagi pengunjung yang sengaja datang jauh-jauh terbang ke tanah borneo tentu tdak cukup hanya dengan 1 objek wisata saja. Namun demikian tidak perlu khawatir, di wilayah kabupaten tanah bumbu ini saja tersedia banyak lokasi wisata selain dari goa liang bangkai ini.

Bagi pencinta wisata pantai, 70 km dari goa ini terdapat pantai indah dengan rimbun pohon pinus pantai nya. Pantai itu adalah pantai rindu alam. Pesona pantai Rindu Alam yang terbentang sepanjang ± 2 km sungguh menawan. Pohon pinus yang melambai-lambai tampak elok mempesona. Diwarnai deburan ombak yang bersahabat serta pasir pantai yang lumayan putih menjadi ciri khas tersendiri meluluhkan hati pengunjung.

Bagi yang terlanjur jatuh cinta pada wisata alam perbukitan, bisa melanjutkan ke air terjun Mandin Damar. Air terjun cantik ini hanya berjarak 33 km dari goa. Air terjun ini bisa menjadi alternatif buat pengunjung yang mulai jenuh dengan pemandangan pantai. Kondisi alam sekitar terbilang masih asri, karena mungkin belum terjamah oleh tangan-tangan jahil yang hobi merusak alam.

Secara keseluruhan Goa Liang Bangkai ni memenuhi syarat untuk dijadikan sebagai tujuan wisata yang selain menghibur juga ada unsur educative nya.

Have Fun dan Selamat berlibur.     (nativeindonesia)


KOMENTAR