Minggu, 01 September 2019 11:25 WIB

KESEHATAN DAN INTIM

Ini 8 Makanan dan Minuman Yang Bisa Bikin Tidur Nyenyak

Ferdinand Mannopo - jurnalpatrolinews
Ini 8 Makanan dan Minuman Yang Bisa Bikin Tidur Nyenyak Foto : Ist

Jurnalpatrolinews - Jakarta,  Mengalami susah tidur atau kualitas tidur kurang baik pastinya akan berpengaruh kepada kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, kurang istirahat atau tidur yang nyenyak pastinya membuat terasa lebih cepat lelah ketika menjalani aktivitas sehari-hari.

Melansir dari Asia One, ternyata ada 8 jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi sebelum tidur dapat mempengaruhi kualitas tidur. Makanan dan minuman ini mengandung antioksidan yang berperan mempengaruhi hormon pada otak sehingga membuat tidur menjadi berkualitas.

Mau tidur tidur lebih lelap? Cobalah konsumsi 8 jenis makanan dan minuman berikut:

  1. Susu

Sebagian besar produk susu (seperti keju dan susu) mengandung triptofan, asam amino yang meningkatkan produksi melatonin, hormon yang mengatur tidur. Lalu, adapula kalsium, yang membantu otak menggunakan triptofan untuk memproduksi melatonin.

Penelitian telah menunjukkan bahwa, ketika dipasangkan dengan olahraga di siang hari, susu dapat meningkatkan kualitas tidur kita.

  1. Pisang

Pisang tidak hanya merupakan sumber serat, nutrisi, dan energi yang luar biasa, pisang juga dapat meningkatkan kualitas tidur.  Selain tryptophan, mereka juga mengandung magnesium, yang membantu menjaga kadar GABA yang sehat.

GABA adalah hormon otak yang menghambat reaksi-reaksi dan tanggapan neurologis yang tidak menguntungkan. Karenanya dengan mengonsumsi pisang, tubuh Anda mendapat kualitas tidur yang baik.

  1. Kacang Kenari

Kenari disebut-sebut sebagai kacang yang paling terbaik untuk dimakan. Kenari dikemas dengan nutrisi lebih dari 19 vitamin dan mineral, terutama magnesium, tembaga, mangan, dan fosfor.

Mereka juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, berkat melatonin dan asam lemak yang dikandungnya.  ALA adalah asam lemak omega-3 yang diubah tubuh menjadi DHA, yang meningkatkan produksi serotonin, zat kimia otak yang mengatur tidur dan suasana hati.

Jadi makan beberapa kacang kenari sebelum tidur dapat membantu Anda tertidur lebih mudah.  Tapi ini padat kalori, jadi pertahankan ukuran porsinya ya…

  1. Nasi Putih

Karbohidrat yang tinggi dan rendah serat berarti tinggi dalam indeks glikemik (GI), yang menunjukkan seberapa cepat suatu makanan meningkatkan gula darah Anda.  Makan makanan tinggi GI seperti nasi putih beberapa jam sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

Namun demikian, karena kurangnya serat dan nutrisi, yang terbaik adalah makan karbohidrat olahan seperti nasi putih dalam jumlah sedang.  Alternatifnya adalah oatmeal, yang juga tinggi karbohidrat dan mengandung melatonin.

  1. Kiwi

Kiwi adalah buah rendah kalori berkhasiat yang mengandung sejumlah besar vitamin C dan K. Hal ini meningkatkan kesehatan pencernaan dan mengurangi peradangan dan kolesterol, berkat jumlah serat dan antioksidan yang dikandungnya.

Selain itu, Kiwi jugs juga mengandung serotonin, yang membantu meningkatkan tidur.  Plus, vitamin C dan antioksidan karotenoid yang dikandungnya membantu melawan peradangan, yang juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

  1. Teh Passionflower

The Passion flower adalah teh herbal yang secara tradisional telah digunakan untuk mengobati banyak penyakit kesehatan.  Kaya akan antioksidan flavonoid, dapat membantu mengurangi peradangan (yang dapat menyebabkan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker) dan mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Teh Passionflower juga membantu mengurangi kecemasan dengan antioksidan yang disebut apigenin. Selain itu, bids jugs menciptakan efek menenangkan dengan meningkatkan produksi GABA, bahan kimia otak yang menghambat bahan kimia otak lainnya yang menyebabkan stres.  Karena khasiatnya yang menenangkan ini, teh passionflower membuat mengantuk ketika tiba waktunya untuk tidur.

  1. Teh Chamomile

Teh chamomile adalah teh herbal lain yang menawarkan sejumlah manfaat kesehatan.  Penuh dengan flavones, sejenis antioksidan yang mengurangi peradangan, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi kecemasan dan depresi, dan meningkatkan kualitas tidur.  Seperti teh passionflower, teh chamomile mengandung apigenin yang meningkatkan tidur yang juga mengurangi insomnia.

Studi menemukan bahwa mengonsumsi teh chamomile dua kali sehari dapat menyebabkan kurang bangun di malam hari, serta mengurangi risiko depresi, yang berhubungan dengan masalah tidur.

  1. Kacang Almond

Kacang Almond merupakan sumber antioksidan, serat, dan nutrisi, termasuk fosfor, mangan, dan riboflavin.  Mereka juga dikaitkan dengan risiko penyakit kronis yang lebih rendah seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2, berkat lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung yang dikandungnya.

Kacang almond juga dapat meningkatkan kualitas tidur Anda, karena mengandung hormon yang mengatur tidur melatonin dan magnesium.

Magnesium digunakan untuk mengobati insomnia karena meningkatkan jumlah GABA, yang seperti disebutkan sebelumnya, yakni mendorong tidur dan relaksasi dan mengurangi hormon stres kortisol yang dapat mengganggu tidur.


KOMENTAR