JPNews

JURNALPATROLINEWS – Momen liburan akhir pekan menjadi momen yang paling ditunggu dan seringkali dimanfaatkan banyak orang untuk menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga atau pun kerabat.

Nah, jika Anda belum menentukan rencana liburan akhir pekan ini, tidak ada salahnya mempertimbangkan Banten sebagai destinasi liburan Anda. Meski belum begitu populer tapi Banten punya beberapa destinasi wisata yang memukau selain Anyer.

“Hingga saat ini Anyer masih menjadi destinasi utama wisatawan yang berkunjung ke Banten. Oleh karenanya ASTRA Tol Tangerang-Merak melalui program dengan hastag #AyoKeBanten terus berupaya menyosialisasikan berbagai destinasi wisata di Banten. Selain Anyer, Kampung Baduy dan Pulau Peucang yang berada di Ujung Kulon kini menjadi destinasi wisata yang diserbu oleh wisatawan. Bahkan keindahan bawah laut Pulau Peucang menyerupai keindahan bawah laut Raja Ampat,” ungkap Kepala Divisi Hukum & Humas PT Marga Mandalasakti, Indah Permanasari.

Selain itu, ada Pantai Tanjung Lesung dan Pulau Sangiang yang menjadi lokasi sempurna untuk snorkeling. Di Sangiang juga Anda bisa melihat penangkaran tukik dan mengikuti kegiatan pelepasan tukik.

Selain jaraknya yang tak begitu jauh dengan Jakarta, liburan di Banten kini juga semakin mudah dengan adanya akses Jalan Tol Tangerang-Merak yang dikelola PT Marga Mandalasakti (ASTRA Tol Tangerang-Merak)  yang terus melakukan inovasi demi kepuasan pengguna jalan.

Menurut Kepala Divisi Pemeliharaan PT Marga Mandaasakti Agung Prasetyo, untuk mendukung pariwisata Banten yang beberapa waktu lalu tertimpa musibah akibat erupsi Anak Gunung Krakatau (GAK) dan demi kenyamanan pengguna jalan, ASTRA Tol Tangerang-Merak telah merampungkan pelebaran lajur keempat Cikupa – Balaraja Barat yang semula tiga lajur kini menjadi empat lajur.

Tak hanya itu, ASTRA Tol Tangerang-Merak juga rutin melakukan pemeliharaan jalan, bahkan beberapa tim diterjunkan ke lapangan selama 24 jam untuk memantau kerusakan. Jika terdapat lubang, tim akan segera bergerak melakukan penambalan, begitu juga dengan perbaikan pagar pembatas hingga kebersihan jalan.

Sebagai pengusaha  jalan tol, PT Marga Mandalasakti (ASTRA Tol Tangerang-Merak) terus berupaya mendukung pariwisata Banten untuk dapat terus tumbuh dan pulih melalui hastag #BantenBangkit dan hastag #AyoKeBanten, sehingga masyarakat dan para wisatawan tetap dapat merasa aman saat berlibur di Banten. Salah satu upaya yang dilakukan dengan melakukan peningkatan kualitas jalan agar selalu tercipta jalan tol yang lancar, aman dan nyaman. Dengan begitu, wisatawan tak lagi berpikir ke tempat yang jauh untuk menghabiskan liburan.

"Salah satu peningkatan kualitas jalan yang kami lakukan adalah pembenahan akses atau yang biasa dikenal dengan revitalisasi akses di beberapa Gerbang Tol Tangerang-Merak. Sebelumnya kami telah merampungkan program revitalisasi akses di wilayah Balaraja Barat, Serang Timur tahap 1, Serang Barat, dan Cilegon Timur yang baru diselesaikan di bulan November lalu. Pengembalian fungsi akses ini dilakukan agar mempermudah pengguna jalan baik yang akan masuk maupun keluar jalan tol," tutur Agung.

Jika sudah mantap menentukan tujuan liburan akhir pekan, kini waktunya Anda mempersiapkan diri dan kendaraan untuk menempuh perjalanan liburan. Tips berikut perlu Anda lakukan agar perjalanan aman dan nyaman.

1.Persiapkan uang elektronik dengan jumlah saldo yang mencukupi. Diisi dengan jumlah yang lebih pun akan lebih baik karena kini pembayaran menggunakan uang elektronik sudah bisa dilakukan di manapun.

2.Sebelum melakukan perjalanan, cek kondisi kendaraan dan tubuh.

3.Apabila mengantuk, Anda bisa beristirahat di empat Tempat Istirahat & Pelayanan (TIP) KM 43 arah Merak, KM 68 arah Merak dan Jakarta serta KM 45 arah Jakarta yang tersedia di sepanjang Jalan Tol Tangerang-Merak. Selain itu, ASTRA Tol Tangerang-Merak juga membuka pos kesehatan di KM 68 arah Merak dan Jakarta dengan menyediakan obat-obatan gratis dan juga kursi pijat untuk mengembalikan stamina para pengguna jalan.

4.Selalu waspada dan taati peraturan lalu lintas.


KOMENTAR