JPNews
Kamis, 06 Desember 2018 00:38 WIB

KESEHATAN DAN INTIM

Makan Sambil Berdiri? Ketahui Bahayanya

Eka Wardiyanto - jurnalpatrolinews
Makan Sambil Berdiri? Ketahui Bahayanya Foto : lustrasi makan

JURNALPATROLINEWS – Sehari-hari kebanyakan orang memang biasa makan sambil duduk. Namun, ada pula mereka yang makan sambil berdiri karena berbagai alasan, salah satunya padatnya aktivitas membuat mereka harus makan dengan terburu-buru.

Bahkan di berbagai negara, banyak restoran maupun kafe yang khusus menyediakan area makan bagi pelanggan yang ingin makan sambil berdiri.

Perlu diketahui bahwa dalam dunia medis, makan berdiri tidak disarankan. Itu karena menurut penelitian, orang yang makan dengan posisi berdiri cenderung makan dengan terburu-buru.

Makan terburu-buru pun memiliki risikonya sendiri bagi kesehatan, mulai dari makan berlebihan hingga merangsang produksi asam lambung. Belum lagi Anda juga berisiko tersedak saat makan dengan cepat.

"Karena gravitasi, makan berdiri membuat orang sulit kenyang karena makanan di lambung cenderung cepat turun ke usus. Sementara otak juga belum mempersiapkan organ untuk mencerna makanan," ujar Prof, DR, dr Ari Fahrial, SpPD-KGEH, MMB,FINASIM, FACP dalam acara Ayo Hidup Sehat yang tayang di tvOne, Rabu, 5 Desember 2018.

Lalu, bagaimana jika Anda harus menghadiri acara formal seperti pesta pernikahan di mana kursi yang disediakan terbatas?

Ari lantas menyarankan untuk makan dengan perlahan jika terpaksa makan dalam posisi berdiri. Jangan makan terburu-buru dan kunyah makanan lebih lama. Tak hanya itu, Anda juga tidak boleh makan sambil berjalan ke sana ke mari.

"Makan pelan-pelan sambil santai dan mengobrol. Kunyah lebih lama dan jangan sambil bergerak atau berjalan-jalan. Tapi kalau ada kursi kosong, sebaiknya makan sambil duduk karena itu lebih sehat," ucapnya.


KOMENTAR
Silakan login untuk memberikan komentar
LOGIN