JPNews
Jumat, 12 April 2019 20:33 WIB

PARENTING

Manfaat Memperdengarkan Musik Bagi Ibu Hamil

E. Wardiyanto - jurnalpatrolinews
Manfaat Memperdengarkan Musik Bagi Ibu Hamil Foto : Ilustrasi ibu hamil

JURNALPATROLINEWS –Pernahkah Anda mendengar sebuah riset yang menyebut bahwa mendengarkan musik klasik saat hamil dapat membantu mengurangi stres pada ibu? Bahkan janin dalam kandungan juga bisa mendengarnya sehingga akan berpengaruh terhadap perkembangan otaknya. Benarkah demikian?

Dilansir dari laman Baby Centre, kemampuan bayi dalam kandungan tergantung dari usianya. Bayi berusia 23-27 minggu dalam kandungan sudah bisa mendengar suara-suara dari luar, sehingga para ahli menyarankan untuk berkomunikasi dengan bayi sejak usia tersebut.

Tak hanya mampu mendengar, ternyata mendengarkan musik bagi bayi dalam kandungan juga dapat bermanfaat bagi perkembangan fisiknya. Berikut ini di antaranya.

1. Mengembangkan kemampuan belajar dan berperilaku

Mendengarkan musik saat hamil dapat mengembangkan dasar-dasar kemampuan belajar dan berperilaku pada bayi di kemudian hari.  Wilfried Gruhn, Profesor Emeritus dari Music Education University of Music di Freiburg, Jerman mengatakan bahwa musik merangsang pertumbuhan struktur otak dan menghubungkan banyak aktivasi daerah otak.

Pembelajaran didasarkan pada perkembangan otak paling kuat yang terjadi pada tahun-tahun awal dan berlanjut selama kehidupan. Perkembangan otak pada dasarnya ditentukan oleh keturunan, tetapi strukturnya sendiri tergantung pada bagaimana individu menggunakannya. Semua pengalaman disimpan dalam otak dan memengaruhi struktur sarafnya.

2. Membantu bayi tidur saat sudah lahir

Studi menunjukkan bahwa bayi dapat mengingat dan mengenali musik yang biasa mereka dengar saat berada di rahim hingga setidaknya satu tahun setelah lahir. Memperdengarkan musik yang sama yang dimainkan saat dalam kandungan dapat membantu menenangkan bayi, bayi lebih cepat tertidur dan tidur lebih lama daripada bayi yang tidak mendengar musik.

Memperdengarkan musik yang sama kepada bayi setelah lahir dapat membantu membentuk pola tidur yang lebih baik bagi bayi.

3. Meningkatkan refleks bayi baru lahir

Mendengarkan musik saat hamil membuat bayi dalam rahim dapat mendengarkan getaran yang dihasilkan oleh musik dan bayi dapat bereaksi terhadap musik. Bayi mungkin mencoba untuk bergerak sesuai denyut getaran musik. Hal ini dapat meningkatkan refleks bayi dan gerakan bayi secara keseluruhan.

4. Meningkatkan kemampuan indera pendengaran bayi

Ketika ibu mendengarkan musik melalui headphone, ini dapat meningkatkan konsentrasi, indera pendengaran, dan keterampilan bayi dalam rahim. Mungkin bayi tidak memahami musik pada saat ini, tetapi getaran dan gelombang musik yang mencapai bayi dapat membuatnya lebih berkonsentrasi pada suara dan hal ini baik untuk merangsang mental bayi.


KOMENTAR