JURNALPATROLINEWS - Hama merupakan salah satu musuh utama petani dalam budidaya tanaman. Mengapa demikian? karena serangan hama mampu merusak hampir semua jenis tanaman baik buah atau pun sayuran. Dampak serangan yang ditimbulkan dapat mencapai 100 % atau gagal panen. Hama atau Serangga yang menjengkelkan di dalam kebun, umumnya dijumpai 3 jenis ini :
1. Trip
2. Tungau, Aphid
3. Kutu Kebul, atau Kutu Putih

TRIP ini paling suka 'nongkrong' di bunga. Mobilitas kutu ini sangat bagus, karena punya sayap. Kutu ini mengambil nutrisi yang ada di bunga, ini membuat bunga akan layu, dan gugur.

APHID paling suka membuat koloni di bawah daun. Kutu ini cukup besar dan dapat dilihat dengan kasat mata. Aphid akan mengisap nutrisi pada daun, menyebabkan tanaman kekurangan nutrisi, dan daun akan bergulung ke arah bawah.

KUTU KEBUL atau KUTU PUTIH, serangga ini juga mengambil nutrisi pada daun dan batang. Serangga ini tidak mempunyai sayap, sehingga mobilitasnya rendah dan kerusakan akibat serangga ini bersifat lokal. Serangga ini mengeluarkan cairan manis dari kelenjarnya dan paling disukai oleh semut, sehingga semut akan menjaga kutu kebul dari predator lain.
Sebuah hubungan simbiosis mutualis, yang saling menguntungkan.

Akibat yang ditimbulkan ialah tumbuhnya jamur jelaga (jamur arang) atau jamur mozaic. Jamur ini cukup besar daya rusaknya. Warna hitam akan menutupi daun, dan menghambat daun dalam menerima sinar matahari. Apabila serangan jamur sudah akut, tanaman akan layu dan membusuk, dahan dan batang akan terputus akibat pembusukan ini.

Cara yang paling efektif mengatasi gangguan 3 serangkai ini ialah :
Buatlah larutan 5 liter air + 2 sendok teh baking soda + 2 sendok teh baking powder.
(Baking soda dan baking powder adalah bahan pengembang kue).
Semprot secara merata di seluruh batang, terutama daun dan di bawah daun.
Ulangi penyemprotan setelah 3 atau 5 hari.
Harus jeli, lihat koloni serangga ini, di bunga, batang dan di bawah daun. Apabila masih ada, penyemprotan larutan ini bisa diulangi lagi.
Larutan ini bersifat kontak, ketika menyemprot pastikan serangga ini terkena larutan. Efek dari larutan ini akan hilang setelah beberapa hari.
Larutan ini tidak beracun bagi manusia, dan ramah lingkungan.

sumber : Fan Page Permasalan pada tanaman cabe


KOMENTAR
Kontak Informasi
Redaksi : ekawdy77ads@gmail.com
Media Partner : ekawdy77ads@gmail.com
Iklan : jurnalpatroli2016@gmail.com, WA 081318185028