Jumat, 26 April 2019 23:21 WIB

GAYA

Menjaga Agar Kulit Enggak Bakal Kering Saat Puasa

E. Wardiyanto - jurnalpatrolinews
Menjaga Agar Kulit Enggak Bakal Kering Saat Puasa Foto : Ilustrasi kecantikan/wanita

JURNALPATROLINEWS – Berbagai persiapan dilakukan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Salah satunya adalah menjaga kelembapan kulit dan tubuh.

Seperti diketahui, selama puasa kita bisa kehilangan kelembapan yang tubuh seharusnya dapatkan. Terlebih di waktu siang dan terpapar sinar Matahari, kelembapan kulit bisa menurun drastis.

Nah, supaya kulit Anda tidak menjadi kering dan kusam, lantas perawatan apa saja yang wajib dilakukan agar kulit tetap lembap dan sehat selama berpuasa?

"Pasti saat Ramadan kulit kering, so kita perbanyak konsumsi air putih di waktu buka puasa dan sahur, utamakan air putih ya. Idealnya 2 liter satu hari," kata dr. Gloria Novelita, SpKK saat berbincang di sela Grand Opening Skin & Co Skincare Laser Clinic di kawasan Hang Lekir, Jakarta Selatan,  Rabu, 24 April 2019.

Di samping itu, Gloria menyarankan agar masyarakat untuk tidak mengonsumsi makanan dan minuman manis selama puasa.

"Dan hindari minuman, makanan yang manis-manis, karena kalau impact air putihnya sedikit. Kemudian minuman manisnya banyak, maka konsentrasi gulanya akan lebih banyak," kata dia.

Selain itu, penggunaan lotion yang tepat dianjurkan selama puasa. Hal itu untuk memberikan kelembapan pada kulit supaya tak kering, sekaligus melindungi kulit dari paparan sinar Matahari.

"Kalau kulitnya cukup kering boleh gunakan pelembap yang lotion, tapi kalau wajahnya yang berminyak, lotion rasanya terlalu berat  bisa menggunakan formulasi yang gel," ujar Gloria.

Di samping itu, jangan lupa mengonsumsi banyak buah dan sayur yang mengandung banyak air. Dan paling penting, jangan lupa membersihkan kulit wajah sebelum pergi tidur.

"Sebelum tidur ada baiknya menggunakan masker, itu sangat membantu. Dan saat bangun kita gunakan pelembap wajah dan kulit, setelah buka puasa gunakan pelembap lagi," sarannya.


Berita Terkait
KOMENTAR