JPNews

JurnalPatroliNews KUTA - Pantai Kuta Bali menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada para wisatawan, Unit Satwa Turangga melaksanakan kegiatan Patroli Berkuda di Pantai Kuta, yang dimulai dari pukul 11.00 sampai dengan 15.00 WITA.

Kegiatan ini melibatkan tiga kuda dan empat personel dipimpin langsung oleh Bripka Sudarman. Kanit Satwa Turangga Ditrektorat Sabhara Polda Bali Iptu I Wayan Nuaba mengatakan, tujuan dilaksanakan patroli berkuda adalah untuk meminimalkan niat dan kesempatan bagi pelaku-pelaku tindak kejahatan kriminal yang akan mengambil kesempatan pada saat wisatawan sedang asyik atau sibuk beraktivitas di pantai.

"Para pelaku kejahatan biasanya mengambil kesempatan pada saat wisatawan lengah," kata Wayan Nuaba, Rabu (16/1).

Perwira murah senyum ini menjelaskan bahwa sengaja memilih patroli di daerah-daerah pantai atau tempat wisata, karena Patroli Berkuda lebih efektif daripada melaksanakan patroli bermotor dan patroli berjalan kaki. Patroli berkuda juga dilaksanakan sebagai bentuk patroli dialogis dengan sasaran masyarakat maupun wisatawan yang berlibur.

Hal ini sebagai upaya untuk mendapat masukan atau saran serta keluhan secara langsung dari masyarakat atau wisatawan terhadap pelayanan Polri.

Kehadiran Polisi dengan menunggangi kuda ini mendapat perhatian dari semua wisatawan yang ada saat itu. Wisatawan Asal Australia bernama Anna menyarankan agar kegiatan seperti ini lebih sering dilakukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan terutama di pantai.

"Kami senang. Ada polisi gagah mengendarai kuda, berjalan di pantai. Kudanya terawat," ujar Anna. (dai)


Berita Terkait
KOMENTAR