Selasa, 02 Juli 2019 21:18 WIB

KESEHATAN DAN INTIM

Pemkab Blitar Beri Perhatian Penyakit Zoonosis

Aldhy Irawan - jurnalpatrolinews
Pemkab Blitar Beri Perhatian Penyakit Zoonosis Foto : Kabid P2P Dinkes Kabupaten Blitar Krisna Yekti Saat memberikan pemaparan pada pertemuan koordinasi kewaspadaan penyakit Zoonosis yang diselenggarakan DinKes Kabupaten Blitar, Selasa (02/07/2019).

JurnalPatroliNews BLITAR - Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Krisna Yekti mengemukakan bahwa penyakit Zoonosis merupakan penyakit yang saat ini menjadi perhatian khusus Pemkab Blitar. Penyakit Zoonosis merupakan penyakit akibat penyebaran infeksi yang terjadi dari hewan ke manusia atau sebaliknya.

"Penyakit Zoonosis meliputi penyakit leptospirosis, rabies, antraks, pes, brucellosis dan flu burung yang disebabkan dari beberapa hewan termasuk tikus, anjing, sapi, ayam dan serangga," katanya usai pertemuan koordinasi kewaspadaan penyakit Zoonosis yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Selasa (2/7/2019).

Menurutnya, Zoonosis dapat menyebar dengan luas dan cepat hingga sampai pada tahap Kejadian Luar Biasa (KLB) dan bisa menyebabkan kematian oleh karena itu butuh kerja sama lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti Dinas pertanian dan peternakan untuk menekan penyelenggaraan penyakit ini.

"Kami akan adakan sosialisasi ke rumah sakit, puskesmas hingga polindes untuk mengedukasi masyarakat tentang gejala-gejala yang diakibatkan penyakit Zoonosis," ujarnya.

Pertemuan yang diadakan di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar tersebut menghadirkan narasumber dari Rumah Sakit Ngudi Waluyo, dr. Hesti Purwanti, Sp. PD dan drh. Wasis Gunawan dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar.

"Keberhasilan pencegahan, mendeteksi penyakit Zoonosis, sebagian besar ditentukan oleh sinergitas dari berbagai lintas sektor dan seluruh masyarakat," tegas Krisna Yekti dari Dinas Kesehatan Pemkab Blitar. (dai)


KOMENTAR