Selasa, 21 Januari 2020 08:42 WIB

TRAVEL

Spektakuler, Ini 6 Destinasi Bersalju di Arab Saudi dan Sekitarnya

Ferdinand Mannopo - jurnalpatrolinews
Spektakuler, Ini 6 Destinasi Bersalju di Arab Saudi dan Sekitarnya Foto : Salju turun di Arab Saudi (Foto: Destination KSA)

Salju merupakan fenomena langka di Arab Saudi. Ini merupakan salah satu bukti bahwa perubahan iklim memang nyata, sebab gurun yang gersang bisa dihujani salju tebal

 

JurnalPatroliNews - Arab Saudi memang terkenal sebagai negara yang panas dan gersang karena dikelilingi oleh banyak gurun pasir. Namun ketika musim dingin telah tiba, maka beberapa daerah di Arab Saudi tampak berbeda dari biasanya, gurun pasir panas kini bak di negeri dongeng yang penuh salju.

Salju merupakan fenomena langka di Arab Saudi. Ini merupakan salah satu bukti bahwa perubahan iklim memang nyata, sebab gurun yang gersang bisa dihujani salju tebal.

Meski demikian, tentunya beberapa tempat bersalju ini bisa menjadi detinasi yang menarik untuk dikunjungi saat berada di Arab Saudi. Dilansir dari Destination KSA, Selasa (21/1/2020), berikut sejumlah destinasi bersalju di Arab Saudi dan sekitarnya.

1. Turaif

 salju di Arab Saudi

Turaif terletak di perbatasan utara Arab Saudi dan memegang rekor dan mencatat suhu paling dingin yang pernah ada dengan -12 derajat celcius. Alhasil nuansa putih diselimuti salju menjadi langganan di tempat ini. Suhu -12 derajat celcius itu membuat Turaif menjadi yang terdingin di Semenanjung Arab.

2. Tabuk

Video dan foto salju yang sempat viral di Arab Saudi berasal dari Tabuk. Wilayah yang kerap disebut sebagai Jabal Al Lawz yang terletak dekat dengan Tabuk menampilkan sesuatu yang spesial. Anda bisa melihat lapisan salju putih menutupi hamparan pasir berwarna cokelat muda

3. Arar

 salju di Arab Saudi

Kota Arar memiliki tanah padang rumput yang subur dan berada di tengah-tengah jantung dataran batu kapur yang luas. Suhu dingin pun jarang melewati batas psikologis yakni 0 derajat celcius, meski demikian salju tetap turun di tempat ini walaupun agak langka.

4. Shaqraa

Tiga daerah sebelumnya rata-rata terletak di bagian utara Arab Saudi. Namun berbeda dengan Shaqraa yang lebih dekat ke bagian tengah negara yang berjuluk Petrodollar tersebut. Letak Shaqraa berjarak 190 kilometer dari Riyadh.

5. Rafha

 salju di Arab Saudi

Rafha terletak dekat dengan perbatasan Irak. Daerah ini pernah mencatat rekor dengan suhu setinggi 49 derajat celcius. Meskipun iklim gurunnya amat panas, namun kota ini pernah merasakan hujan salju yang cukup lebat.

6. Uni Emirat Arab

Tak hanya warga Arab Saudi yang bisa menikmati hujan salju di gurun arab tersebut. Saat ini warga Uni Emirat Arab (UEA) juga bisa menikmati hujan salju.

Hujan salju turun lebat di Gunung Jebel Jais. Suhu bahkan mencapai -1 ° C. Warga di sana banyak yang keluar untuk menikmati salju, sekedar selfie maupun membuat boneka salju.

[okz]

 

 


KOMENTAR
Kontak Informasi
Redaksi : ekawdy77ads@gmail.com
Media Partner : ekawdy77ads@gmail.com
Iklan : jurnalpatroli2016@gmail.com, WA 081318185028