Anggota Komisi IV DPR RI Made Urip Buka Bimtek Budidaya dan Pasca Panen Kopi di Bali Taman Beach Hotel and Spa Lovina

JurnalPatroliNews Buleleng – Acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Budidaya dan Pasca Panen Kopi di Bali Taman Hotel Beach and Spa Lovina, pada hari Rabu (13/10), sekaligus dihadiri Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST dibuka oleh Anggota Komisi IV DPR RI I Made Urip itu berlangsung di Bali Taman Beach Resort and Spa Lovina pada hari Rabu, (13/10).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Ditjen Perkebunan Kementrian Pertanian RI ini juga dihadiri Anggota Komisi IV DPR RI Drs. I Made Urip, M.Si, Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, SH maupun Kadis Pertanian Buleleng Ir. I Made Sumiarta, Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Provinsi Bali, serta para peserta dari petani kopi yang terdapat di Kabupaten Buleleng.

Seperti diketahui, Bupati PAS sapaan akrab Putu Agus Suradnyana asal Desa Banyuatis maupun onwer Bali Taman Hotel Beach almarhum Ketut Englan sebagai onwer produc Kopi Banyuatis yang berlokasi di kawasan Pemaron.

Seperti diketahui, bahwa perkebunan kopi di Kabupaten Buleleng memiliki potensi yang sangat besar di pasar nasional maupun internasional.

Guna memaksimalkannya, industri hulu ke hilir perlu dibangun secara terintegrasi.

Untuk itu, Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) disupervisi oleh Komisi IV DPR RI mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Budidaya dan Pasca Panen Kopi 2021.

Bimtek yang diikuti oleh 70 orang peserta itu juga turut dihadiri oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, Ketua DPRD Kab. Buleleng Gede Supriatna, dan Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali Lanang Aryawan.

Melalui sambutan pembukannya, Anggota Komisi IV DPR RI I Made Urip mengatakan potensi perkebunan kopi di Kabupaten Buleleng sangatlah besar sehingga harus dikembangkan.

“Potensi ini harus kita angkat bersama,” imbuhnya.

Lanjut Urip, baik kopi asal Buleleng maupun Bali pada umumnya telah memiliki reputasi yang bagus di pasar nasional maupun internasional.

Maka dari itu, Urip berpesan melalui bimtek ini dirinya berharap para petani mengikutinya denhan baik untuk mendapatkan ilmu meningkatkan daya jual produk mereka, terutama dengan proses produksi pasca panen.

“Saya berharap bapak ibu yang mengikuti bimtek, bisa mengikuti dengan tekun bimtek ini, karena ini banyak sekali manfaatnya,” tandas Urip berpesan.

Sementara itu, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengungkapkan pertanian kopi perlu ditingkatkan nilai jualnya agar dapat menjadi primadona di sektor perkebunan.

Proses produksi pasca panen menurut bupati yang akrab disapa PAS itu sangat perlu dikembangkan agar produk olahan kopi semakin banyak sehingga daya jualnya semakin tinggi di pasaran.

Maka dari itu, pihaknya selalu berupaya untuk membantu para petani dalam mewujudkan proses produksi pasca panen agar semaksimal mungkin.

“Kalau bisa kita pasca panen berikutnya akan dicarikan bantuan untuk pengolahannya, ini penting buat kita semua untuk meningkatkan harga, biar petani punya kredibilitas untuk menjual dan membuat jenis rasa, dan lain sebagainya,” pungkas PAS.

(*/TiR).-

Komentar