Bakti Sosial Polres Buleleng Dan Pengobatan Gratis Dimasa Pandemi Covid-19 Dalam Rangka Hari Pahlawan

JurnalPatroliNews – Buleleng – Dalam rangka menyambut hari Pahlawan 10 November 2021, “Pahlawanku adalah Inspirasiku”, Polres Buleleng melaksanakan bakti sosial dan pengobatan gratis yang dilaksanakan di wantilan Desa Sidetapa, Kecamatan Banjar. Sedangkan bakti sosial berupa penyerahan sembako juga dilaksanakan di Desa Sidetapa, namun penyerahannya langsung dilakukan di rumah para penerima sembako yang terdampak Covid-19 serta pelaksanaannya pada hari Minggu (07/11).

Dalam kegiatan bakti sosial dan pengobatan gratis yang dilaksanakan di Desa Sidetapa, Kecamatan Banjar dihadiri Kapolres Buleleng AKBP Andrian Pramudianto, S.IK, SH, M.Si, Waka Polres Buleleng Kompol Yusak Agustinus Sooai, S.IK, Kabag Logistik Kompol Made Widana, SH, Kapolsek Banjar Kompol Agus Dwi Wirawan, SH, MH, dr. Ketut Sedana Putra, Sp. OG, yang sering dipanggil dengan dokter Caput dan Kepala Desa Sidetapa Ketut Budiasa serta masyarakat yang mendapatkan pengobatan gratis serta penerima sembako.

Pertama yang dilaksanakan adalah pengobatan gratis dan sebanyak 132 orang masyarakat mendaftarkan diri untuk mendapatkan pengobatan gratis, namun yang bisa terlayani sebanyak 127 orang, sedangkan sisanya 5 orang tidak hadir saat dipanggil.

Penanganan medis terhadap masyarakat ditangani langsung Tim medis yang dipimpin langsung dr. Ketut Sedana Putra, Sp.OG bersama dengan Tim-nya. Masyarakat yang datang terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan, pengobatan dan pemberian obat serta vitamin.

dr. Ketut Sedana Putra yang sering dipanggil dokter Caput menyampaikan kepada masyarakat, bahwa kegiatan bakti sosial dan pengobatan gratis ini dilakukan sudah direncanakan sebelumnya, dengan tujuan untuk peduli kepada masyarakat dalam situasi Pandemi Covid-19 yang banyak terdampak perekonomiannya.

Polres Buleleng tentunya, lanjut dokter Caput, Kapolres Buleleng AKBP Andrian Pramudianto, S.IK, SH, M.Si juga memiliki tujuan yang sama, sehingga hari ini tujuan tersebut terlaksana.

“Dalam mengatasi situasi Pandemi Covid-19 harus disiplin menerapkan ProKes Covid-19, disamping itu juga lakukan vaksin sebanyak dua kali, sehingga kalau sudah disiplin dan mendapatkan vaksin covid 19 maka imun kita menjadi kuat, sehingga dapat terhindar dari terkonfirmasi Covid-19 dan kita akan menjadi sehat, karena kesehatan adalah yang utama atau yang tertinggi,” imbuhnya.

“Budayakan disiplin untuk menjadi budaya, karena dengan disiplin akan dapat memajukan diri sendiri dan nantinya Desa Sidetapa itu sendiri,” jelasnya.

Waka Polres Buleleng Kompol Yusak Agustinus Sooai, S.IK seijin Kapolres menyampaikan, sangat senang bisa berkunjung ke Desa Sidetapa dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan serta bakti soial.

“Harapan saya dalam memberikan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan Polres Buleleng bersama-sama dengan dr, Caput agar masyarakat semuanya sehat dan juga seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi ProKes Covid-19. Karena Covid-19 ini masih ada, serta lakukan vaksin Covid-19 agar imun kita menjadi kuat,” imbuhnya.

Setelah dilaksanakan pengobatan gratis, kemudian dilakukan kunjungan ke rumah adat yang ada di Desa Sidetapa dan dilanjutkan pemberian sembako sebanyak 20 paket. Masing-masing paket, berisi beras 5 kg, minyak 1 liter dan mie 4 bungkus ukuran besar serta kasur lipat 3 buah yang diserahkan langsung Kapolres Buleleng AKBP Andrian Pramudianto, S.IK, SH, M.Si.

Saat mengunjungi rumah adat yang ada di Desa Sidetapa, Kapolres Buleleng disambut langsung Wayan Ariawan, Kepala Desa Sidetapa, Anggota DPRD Provinsi Bali asli Sidatapa Gede Arta Wijaya dan para Kepala Dusun Desa Sidetapa.

Wayan Ariawan yang merupakan salah satu pemilik rumah adat menyampaikan, tentang keberadaan rumah adat yang bangunannya terbuat dari tanah yang diambil di sekitar bangunan. Susunan ruangan rumah dibagi menjadi tiga tahapan serta rumah adat ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

Setelah itu, Kapolres Buleleng bersama-sama dengan unsur yang hadir di rumah adat melakukan kegiatan pelepasan burung Titiran ke alam bebas sebanyak 40 ekor.

Kapolres Buleleng AKBP Andrian Pramudianto menyampaikan, sudah dari lama program pemberian sembako dan pemberian kesehatan ini direncanakan. Kedatangan ke desa Sidetapa untuk melihat langsung keadaan wilayah yang selama ini didengar image nya tidak bagus. “Setelah saya datang kesini, Desa Sidatapa, ternyata image tersebut tidak ada,” ucapnya.

“Harapan saya dengan adanya kehadiran Polisi disini agar masyarakat untuk menjadi lebih akrab dengan Polisi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sidetapa menyampaikan rasa terimakasih kepada Pimpinan Polres Buleleng, yakni Kapolres AKBP Andrian Pramudianto yang telah memberikan sembako kepada masyarakat desa Sidetapa yang tidak mampu dan terdampak Covid-19. Rasa terima kasih disampaikan juga kepada dokter Caput dan Tim medisnya serta Polres Buleleng yang telah memberikan pelayanan kesehatan dengan gratis.

(*/TiR)

Komentar