Bupati Buleleng Irup Apel HUT Ke-74 & HUT Ke-65 LVRI Di Area Monumen Bhuana Kertas, Panji

JurnalPatroliNews – Buleleng – Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST hadir bersama Ibu Ny. I Gusti Ayu Aries Sujati Suradnyana, sekaligus bertindak sebagai Inspektur pada Apel Peringatan HUT Ke-74 Monumen Bhuana Kerta dan HUT Ke-65 Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), di Area Monumen Bhuana Kerta, Desa Panji, Kecamatan Sukasada, pada hari Senin pagi (17/01).

Bupati PAS sapaan akrab Putu Agus Suradnyama disela-sela sambutan menyimak, Monumen Bhuwana Kerta yang berada di Bali Utara merupakan sebuah monumen perjuangan yang dibangun untuk memperingati kemerdekaan dan perjuangan rakyat Bali.

Menurut Bupati, bahwa monumen ini memiliki makna dunia yang damai, tata-tentram kerta raharja, dan bebas dari segala macam penindasan yang dilakukan oleh sesama manusia. Untuk datang ke monumen ini, wisatawan bisa menyewa mobil di Kota Singaraja maupun di sekitar Bandara Ngurah Rai.

Kapan dibangun? Dijelaskan Bupati PAS, bahwa monumen perjuangan ini dibangun setelah perjuangan rakyat Bali dalam memertahankan daerahnya dari kolonialisme Belanda yang ingin memecah belah rakyat Bali pasca Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dikumandangkan.

Dalam kesempatan itu, rakyat Bali, khususnya Bali Utara membuat ikrar yang berbunyi: “Bila Republik Indonesia Menang, di Tempat ini Akan Dibangun sebuah Pura Republik”.
“Ikrar nasionalisme ini diucapkan oleh para Pejuang Kemerdekaan pada 17 Januari 1948,” nada akhir Bupati PAS.

Usai pelaksanaan apel, dilanjutkan denUtara ihgan persembahyangan bersama bertepatan dengan Piodalan di Padmasana Monumen Bhuwana Kerta sebagai Pura Republik yang jatuh pada Rahina Purnama Sasih Kaulu ini.

Hadir pada kesempatan ini, Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG beserta Ibu Ny. Ida Ayu Wardhani Sutjidra, Ketua DPRD Kabupaten Buleleng Gede Supriatna, SH, para Pimpinan Forkopimda Kabupaten Buleleng, Sekda Buleleng Drs. Gede Suyasa, M.Pd, para Asisten Sekda, Pimpinan SKPD lingkup Pemkab Buleleng serta para Camat se-Kabupaten Buleleng. (* – TiR).-

Komentar