Di Era Pandemi Covid-19 Saat Ini, Petani Penting Tetap Menabung

 6 dibaca,  1 dibaca hari ini

JurnalPatroliNews – Buleleng – Para petani diharapkan dalam kondisi ekonomi saat ini dapat membiasakan diri menyisihkan dana lebih atau bisa menabung. Meskipun tidak dalam jumlah banyak, menabung menjadi hal sangat penting. Karena, sedikit tidaknya bisa membantu ketika ada kebutuhan mendesak. Hal itu disampaikan, Kepala Bidang Usaha dan Perbankan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Bali, Made Sumardhana di Singaraja, Minggu (14/06).

“Edukasi menabung bagi para petani tetap kami lakukan. Menabung penting, karena para petani terkadang memiliki kebutuhan emergency juga. Setidaknya uang hasil panen selama 6 bulan bisa disisihkan beberapa persen untuk ditabung meskipun dalam jumlah tidak terlalu besar,” ujarnya.

Misalkan, petani bisa mengikuti beberapa tabungan berjangka seperti, tabungan hari tua, tabungan upacara agama dan tabungan beasiswa. Semua jenis tabungan tersebut, Deok yakini bisa diikuti untuk kebutuhan anak-anak maupun cucu ke depan.

Jika dilihat di lapangan, menurut Deok sapaan akrab Made Sumardhana, memang ada beberapa petani belum tersentuh sektor perbankan.

“Jika dilihat dari pengamatan, saat ini ada beberapa petani yang telah menerima hasil panen tidak diarahkan ke hal-hal positif. Akan tetapi, lebih banyak mengarah untuk kebutuhan konsumtif misal membeli barang yang bukan menjadi kebutuhan yang mendesak,” jelasnya.

Lebih jauh dikatakan, jika dilihat manfaat menabung sangat baik bagi kelangsungan para petani ke depan terkait masalah kesehatan atau ada upacara adat.

“Jadi, uang tabungan setidaknya dapat diambil untuk pelaksanaan upacara tersebut,” jelas Made Sumardhana mengakhiri perbincangan dengan JurnalPatroliNews di Singaraja. (TiR).-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *