DKP3A Kaltim Lakukan Peningkatan Partisipasi Perempuan di Bidang Politik Tenggarong

JurnalPatroliNews Jakarta – Adanya persyaratan keberadaan perempuan dalam partai politik adalah sebuah kesempatan bagi perempuan untuk mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif baik pada DPR, DPRD, maupun DPD dari berbagai partai sehingga diperlukan pengingkatan kapasitas guna menghadapi kampanye dan persaingan politik.

Kepala Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perindungan Anak (DKP3A) Kaltim Noryani Sorayalita mengatakan, permasalahan kesenjangan gender yang terjadi di Kalimantan Timur dalam berbagai bidang diantaranya lingkungan, ekonomi, hukum, infrastruktur, kesehatan, pendidikan dan lainnya merupakan topik yang menarik dalam kampanye politik dan tema yang diperlukan solusinya oleh masyarakat luas.

“Oleh karena itu, calon legislatif perempuan memerlukan berbagai pengetahuan yang  cukup terkait regulasi dalam berbagai tematik. Tidak kalah penting adalah memahami Pengarusutamaan Gender (PUG) sebagai sebuah strategi pembangunan yang bertujuan untuk mengurangi kesenjangan gender di Kalimantan Timur,” ujarnya pada kegiatan Sosialisasi Peningkatan Partisipasi Perempuan di Bidang Politik, Hukum, Sosial dan Ekonomi Kewenangan Provinsi, berlangsung di Ruang Serbaguna Batara Agung Dewa Sakti Kantor Bupati Kukar, Kamis (1/7/2021).

Penelitian PBB menyatakan bahwa jumlah minimum 30% memungkinkan terjadinya suatu perubahan dan membawa dampak pada kualitas keputusan yang diambil dalam lembaga publik. Kuota 30%  pada setiap partai dan di setiap daerah pemilihan bukanlah suatu hadiah yang akan diperoleh begitu saja setelah pemilu, tetapi harus melewati proses pemilihan umum yang ditentukan oleh Pemilih.

Soraya menyampaikan, berbagai regulasi telah memandatkan pentingnya keterlibatan perempuan dalam politik, yaitu kewajiban kuota 30 persen pencalonan anggota legislatif maka seharusnya keterwakilan perempuan di legislatif pada DPRD Provinsi Kaltim sebanyak 17 orang (30%) dari total anggota legislatif sebesar 55 orang.

“Sedangkan keterwakilan perempuan di legislatif pada DPRD kabupaten/kota se Kaltim sebanyak sebanyak 100 orang dari total anggota legislatif DPRD kabupaten/kota se Kaltim sebanyak 332 orang,” imbuh Soraya.

Ia melanjutkan, keterwaklan perempuan yang menduduki jabatan di legislatif DPRD Kaltim selama kurun waktu tiga periode (2009-2014, 2014-2019, 2019-2024 sangat fluktuatif dan rata-rata mencapai 15,15% dari 55 orang jumlah anggota DPRD Kaltim.

Sedangkan keterwakilan perempuan yang menduduki jabatan di legislatif pada DPRD kabupaten/kota se Kaltim selama kurun waktu 3 periode juga mengalami fluktuatif, rata-rata hanya mencapai 16,42% dari total anggota DPRD kabupaten/kota sebanyak 332 orang.

“Meski representasi perempuan di ranah politik praktis sudah didorong sedemikian rupa melalui berbagai macam kebijakan, namun hasilnya masih jauh dari memuaskan,” imbuh Soraya.

Bila memperhatikan Data Kependudukan Provinsi Kalimantan Timur, jumlah pendudk laki-laki  sebanyak 1.961.634 jiwa, atau 52,09 persen sementara penduduk perempuan  sebanyak 1.804.405 jiwa, atau 47,91 persen.

“Semestinya keterwakilan  politik laki-laki dan perempuan dalam posisi yang seimbang, Namun disisi lain tidak semua perempuan mau menjatuhkan pilihan pada perempuan yang maju sebagai calon pemimpin,” terang Soraya.

Berdasarkan data Kesbangpol Kaltim tahun 2021 terdapat 4.145 orang calon legislatif  laki-laki dan 1.708 orang perempuan calon legislatif. Bila dilihat dari perbandingan caleg tersebut seharusnya keterwakilan politik perempuan di Kalimantan timur bisa menjadi lebih baik.

“Namun berdasarkan komposit IPG yaitu keterwakilan perempuan di parlemen, baru  mencapai 18,8 persen apabila merujuk pada target 30 persen. Terdapat  11,2 persen peluang keterwakilan perempuan dalam politik yang perlu diperjuangkan. Tentu di perlukan sebuah srtategi  untuk mengisi kesempatan  tersebut,” ujar Soraya.

Soraya berharap, dengan kegiatan ini dapat meningkatkan penguatan kapasitas  sekaligus menajamkan sensitifitas isu gender sebagai muatan  dalam mencapai tujuan berpolitik.

Kegiatan diikuti 30 peserta terdiri dari anggota partai politik. Hadir menjadi narasumber Asdep PUG Bidang Politik dan Hukum Kementerian PPPA  Dermawan, Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Fitri Maisyaroh dan Kasi Pelembagaan PUG dan PP Bidang Ekonomi DP3A Kukar Akhmad Sofyan Hamid.

(dkp3akaltim/dell)

Komentar