DSB Jelang Akhir Maret Pesta Puisi Di Galeri Kopi Kerobokan, Badung

JurnalPatroliNews – Badung – Sejumlah perupa dari Komunitas Kertas Padi dan Klub Seni Bali melukis bersama menggunakan medium “rice paper” dalam acara DSB Pesta Puisi, Bedah Kreasi Buku Puisi Kata dan Rupa “Gajah Mina”, Senin (29/03) di Galeri Kopi Kerobokan Jl. Gunung Sang Hyang, Gang Nusantara No 1, Kerobokan, Badung.

Acara DSB Pesta Puisi, Bedah Kreasi Buku Puisi Kata dan Rupa “Gajah Mina”, seperti diungkapkan Koordinator DSB Dr.Gde Artawan, M.Pd, dihadiri Ni Putri Suastini Koster, istri Gubernur Bali yang juga seorang penyair.
Bahkan, ibu Ni Putri Suastini Koster ikut melukis menggunakan tinta di atas kertas padi (rice paper) dengan bimbingan Ketua Klub Seni Bali Djaja Tjandra Kirana.

Menurut Tjandra Kirana, acara seperti ini merupakan bagian dari upaya komunitas ini untuk ikut mempopulerkan dan memasyarakatkan medium “rice paper”, karena belum banyak digunakan seniman di Bali.

“Rice paper mudah dibawa, gampang disimpan, dan ketika menerakan warna memberikan efek yang tidak didapat seperti saat kita melukis di atas kanvas,” kata Tjandra.

Tjandra bersama Komunitas Kertas Padi secara rutin juga mengadakan workshop melukis di atas “rice paper” yang diikuti pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum.

Acara pesta puisi digagas oleh Dermaga Seni Buleleng (DSB) pimpinan Dr. Gde Artawan, M.Pd. di antaranya diisi dengan pembacaan puisi dari antologi “Gajah Mina” yang merupakan karya kolaborasi lukisan Made Gunawan dan puisi Dokter Sahadewa.

Kolaborasi kata dan rupa dalam kumpulan puisi tersebut didikusikan dan dibedah dalam acara yang dihadiri penyair, perupa, dan seniman lintas zaman.  (* – TiR).-

Komentar