Gempa 5,1 SR Guncang Gorontalo, BMKG: Tidak Ada Potensi Tsunami

JurnalPatroliNews – Jakarta – Guncangan gempa berkekuatan magnitudo 5,1 di Barat Daya Kota Gorontalo tidak dinyatakan adanya potensi gelombang tinggi atau tsunami oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Sabtu (11/12/2021).

Gempa tersebut terjadi sekitar pukul 01.39 WIB yang terletak di sekitar 72 Kilometer (km) sebelah Barat Daya Kota Gorontalo. Sementara pusat gempa berada pada kedalaman 141 kilometer di perairan Teluk Tomini (0,1 Lintang Selatan – 122,96 Bujur Timur).

Berdasarkan data BMKG gempa tersebut terasa sampai di wilayah Kotamobagu, Wakai dan Gorontalo dengan intensitas skala Mercalli (Modified Mercalli Intensity/MMI) antara II MMI hingga III MMI. Sedangkan di Kotambagu dan Gorontalo gempa dirasakan dengan skala III atau dirasakan nyata

Dirasakan gempa di Wakai dengan skala II hingga III MMI atau getaran disebut dirasakan oleh sebagian orang, namun mengakibatkan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Sampai saat ini belum diketahui kondisi terakhir wilayah terdampak gempa baik ada atau tidaknya korban atas kejadian ini.

Komentar