Giatkan KB, Dinas PPKBPP-PA Buleleng Andalkan Puspaga & Bangga Kencana

JurnalPatroliNews – Buleleng – Pembinaan Keluarga Berencana (KB) merupakan salah satu program prioritas yang dilaksanakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (PPKBPP-PA) Kabupaten Buleleng.

Untuk itu, Dinas yang berkantor di Jl. Wijaya Kusuma No. 3A Singaraja itu mengandalkan 2 program unggulan yaitu “Puspaga” dan “Bangga Kencana”. Demikian diungkapkan oleh Kepala Dinas PPKBPP-PA Ni Made Dwi Priyanti Putri Koriawan pada Jum’at siang (28/01).

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, Dwi mengatakan program Puspaga yang merupakan singkatan dari Pusat Pembelajaran Keluarga itu dilaksanakan sebagai one stop service atau layanan satu pintu keluarga, holistik integratif berbasis anak dengan meningkatkan kapasitas orang tua atau wali.

“Kapasitas di sini maksudnya dalam menjalankan tanggung jawab mengasuh dan melindungi anak agar terpenuhi kebutuhan akan kasih sayang, kedekatan, keselamatan, dan kesejahteraan bagi anak dan keluarga,” jelasnya.

Langkah tersebut menurutnya sangat penting guna menghindarkan anak dari kekerasan, eksploitasi, salah perlakuan, dan penelantaran.

Sementara terkait program Bangga Kencana yang merupakan kepanjangan dari Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana itu bertujuan untuk mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan berkualitas.

Program yang dijalankan meliputi bina keluarga balita, bina keluarga remaja, bina keluarga lansia, pusat informasi konseling remaja, dan usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera.

Pos terkait