Gubernur Bali Bersama Pangdam IX Udayana dan Kapolda Bali Ke-Buleleng Resmikan Pompa Hidran dan Sumur Bor

JurnalPatroliNews – Buleleng – Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST menerima kunjungan kerja Gubernur Bali Ir. Wayan Koster, MM bersama Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, dan Kapolda Bali Irjen. Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, SH dalam rangka peresmian Pompa Hidran dan Sumur Bor, sekaligus pemberian sembako kepada warga di Desa Kayuputih Melaka, Kecamatan Sukasada dan Desa Sidatapa, Kecamatan Banjar, Kamis (30/12).

Pada kesempatan tersebut turut hadir, Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG, Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, SH, Dandim 1609/Buleleng Letkol Inf Muhammad Windra Lisrianto, Kapolres Buleleng AKBP Andrian Pramudianto, S.IK, SH, M.Si serta beberapa Pimpinan OPD lingkup Pemkab Buleleng.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan itu Gubernur Bali Dr. Ir. Wayan Koster, MM dalam menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli dalam memecahkan masalah air bersih bagi masyarakat Provinsi Bali, khususnya Kabupaten Buleleng melalui cara penyaluran air dengan pipa dari sumbernya ke bak penampungan untuk selanjutnya dialirkan ke wilayah masyarakat yang membutuhkan.

Gubernur Koster sangat mengapresiasi upaya dan kerja keras serta kreativitas dan inovasi Pangdam IX/Udayana. Ini merupakan pelajaran berharga dalam memecahkan masalah masyarakat guna mengatasi kebutuhan air bersih, apalagi dalam pembuatanya juga melibatkan masyarakat dengan bergotong-royong.

“Banyak desa di Provinsi Bali yang menghadapi masalah yang sama. Jadi nanti kedepan, kepada Bupati, segera kita bersama-sama untuk bekerjasama dalam menangani masalah ini, saya selaku Gubernur Bali bersama Bupati akan terus berupaya membantu masyarakat seperti pembuatan bak air bersih,” tandas Gubernur Koster.

Ketua DPD PDI Perjuangan Bali ini memuji Pangdam IX/Udayana bahwa langkah dan terobosan Pangdam Maruli ini merupakan pelajaran bagi dirinya dan seluruh bupati dan walikota se-Bali dalam upaya memecahkan masalah masyarakat dengan cara yang simpel tapi sukses. “Tentu kita harus mengapresiasi upaya keras, kreatif dari Bapak Pangdam. Ini juga memberikanpelajaran kepada saya sebagai Gubernur juga Pak Bupati tentunya di dalam memecahkan masalah-masalah kemasyarakatan. Dengan metode ini saya kira biayanya lebih murah,” ucap Gubernur Koster memuji Pangdam Maruli.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Pangdam yang telah menginspirasi kita semua menyelesaikan masalah dengan cara yang simpel, tidak pakai tender, kalau pakai tender mahal, boros dan belum tentu bisa menyelesaikan masalah dengan cara cepat dan tepat,” ucap Gubernur Koster lagi.

Gubernur Koster mengaku bahwa mulai tahun 2022 akan menerapkan sistem atau pola yang dipakai Pangdam IX/Udayana Maruli dalam mengatasi masalah-masalah yang dihadapi masyarakat. “Saya akan melibatkan pihak BUMN, swasta dengan menyalurkan CSRnya untuk menjalakan program seperti ini,” janji Gubernur Koster.

Sementara Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc, menyampaikan bahwa Kodam IX/Udayana melalui kegiatan non programnya telah membangun Pompa Hidram dan bak penampungan air bersih untuk masyarakat Bali-Nusra. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memecahkan persoalan dihadapi masyarakat dalam mengatasi kekurangan air bersih untuk masyarakat Bali-Nusra.

“Untuk membantu memecahkan persoalan seperti ini, sangatlah mungkin akan kita tambahkan lagi pipanya atau mungkin dapat digunakan juga oleh desa, sehingga bukan hanya air minum yang dapat teratasi, bahkan nanti bisa untuk pertanian maupun peternakan,” kata Pangdam Maruli.

Pangdam juga berharap agar masyarakat selalu menjaga alam dan air, hal itu penting sekali terutama dalam menghadapi masalah kekeringan, terlebih cuaca ektrim seperti saat sekarang ini dengan dunia yang sudah mengalami pemanasan global, jika semua menjaga alam maka masalah air dapat teratasi.

“Saya yakin Bupati Buleleng sangat ingin memecahkan segala persoalan termasuk peningkatan perekonomian masyarakatnya, namun karena Covid-19 yang melanda dunia termasuk Provinsi Bali, menyebabkan Pemerintah Pusat maupun daerah lebih fokus dalam mengendalikan Covid-19,” ujar jenderal bintang dua menantu Menko LBP (Luhut Binjar Panjaitan) itu.

Serangkaian kegiatan tersebut diawali dengan peninjauan pamasangan pipa dan instalasi pembuatan Bak Primer Pompa Hidram di Dusun Melaka Desa Kayuputih Kecamatan Sukasada dan Dusun Delod Pura Desa Sidatapa Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng, dilanjutkan dengan penyerahanx sembako kepada masyarakat sekitar.

Pos terkait