Jaga Harmonisasi Dengan Alam, Pemkab Buleleng Gelar Upacara Tawur Labuh Gentuh

JurnalPatroliNews – Singaraja,– Untuk menjaga hubungan harmonis dengan alam, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, Bali,  menggelar upacara adat Mepapada Pemahayu Jagat Tawur Labuh Gentuh.

Upacara adat tersebut digelar di Pura Segara Penimbangan, Desa Baktiseraga, Kecamatan Buleleng, Jumat (16/9/2022). Sekretaris Daerah (Sekda) Buleleng Gede Suyasa berkesempatan hadir dalam upacara tersebut.

Sekda Buleleng Gede Suyasa  yang juga berkesempatan hadir mengungkapkan bahwa masyarakat Bali sangat mempercayai upacara-upacara adat atau agama yang berlangsung di alam. Selain dengan upaya sekala, upaya niskala juga diperlukan. Sebagai bentuk harmonisasi kehidupan manusia dengan alamnya.

“Ya sebagai masyarakat Bali kita sangat percaya dengan hal ini. Bahwa kita harus menjaga hubungan harmonis antara manusia dengan Tuhan, Alam, dan sesama manusia,” ungkapnya.

Sementara, dihubungi usai pelaksanaan upacara adat, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Buleleng Ni Nyoman Sukadani menjelaskan tujuan dari upacara ini adalah untuk menjaga keharmonisan hubungan manusia dengan alam. Melalui upacara Mepapada Pemahayu Jagat Tawur Labuh Gentuh, seluruh masyarakat berharap keharmonisan yang dimaksudkan bisa memberikan kesejahteraan.

Komentar