Ka Dinkes Kota Manado : Semua Vaksin Ada Resiko Dan Efek Samping

Jurnalpatrolinews – Manado : Gonjang ganjing terkait isu efek berbahaya dari vaksin Covid-19, ditanggapi Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado dr. Ivan Sumenda Marthen.

Ivan Sumenda menjelaskan bahwa semua vaksin ada resiko dan efek samping, tidak hanya untuk vaksin COVID-19.

“Namanya imunisasi, semua ada resiko ada efek samping. Sehingga ada syarat-syaratnya sebelum mendapatkan vaksin,” ucap Ivan Sumenda, Rabu (6/1/2021).

Lanjut Sumenda, pada kondisi tertentu, tubuh dianggap bisa bisa menerima vaksin sehingga nantinya petugas medis yang akan menentukan apakah pasiennya aman atau tidak saat akan divaksin.

“Tadi saya cek lagi untuk penanganan protap Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), setelah ada imunisasi efek samping itu seperti apa. Jadi kami sudah mengatur prosedurnya ketika ada terjadi efek samping pada waktu vaksin sampai pada rujukannya seperti apa,” ujar Sumenda.

Sumenda juga menyampaikan Dinkes Manado sudah melakukan rapat tim kecil persiapan vaksin Covid-19, yang nantinya akan dilanjutkan pada rapat, Senin (10/1/2021) nanti.

“Teknisnya akan dirapatkan bersama. Diperkirakan sekitar tanggal 17 Januari itu kita akan mulai melakukan vaksin,” tandasnya.

Diketahui yang akan menerima vaksin tahap pertama yaitu dari fasilitas pelayanan tingkat pertama.

Komentar