KKB Papua Bikin Ulah..! Pesawat Milik Susi Air Dibakar, Pilot Dan Penumpang Masih Belum Ditemukan

JurnalPatroliNews – Papua – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua, telah melakukan pembakaran pesawat pengangkut milik Susi Air. Pesawat dengan nomor badan PK-BVY yang mengangkut barang dari Kabupaten Mimika, dibakar KKB dilapangan terbang di Kabupaten Nduga, Papua Tengah. Awalnya, Pesawat Susi Air itu akan digunakan untuk mengevakuasi petugas puskesmas yang menjadi korban pengancaman. Namun pesawat itu justru dibakar oleh KKB.

Irjen Mathius Fakhiri, Kapolda Papua, membeberkan, Pesawat Susi Air yang dibakar KKB di Papua itu, dipiloti oleh Captain Philips M berkebangsaan Selandia Baru. Pesawat itu diketahui membawa lima orang penumpang, termasuk seorang bayi. “Belum diketahui nasib Pilot beserta lima penumpang lainnya,” beber Mathius, Selasa (7/2/23). Berdasarkan informasi, ke lima orang penumpang dalam kapal tersebut adalah Demanus Gwijangge, Minda Gwijangge, Pelenus Gwijangge, Meita Gwijangge, dan Wetina W.

Kombes Faizal Ramadhani, Direktur Reskrim Umum (Ditreskrimum) Polda Papua, membenarkan peristiwa pembakaran tersebut. “Benar, ada pesawat terbakar di sana,” ujarnya, Selasa (7/2/23). Selain itu, Donal Fariz, perwakilan Susi Air, mengatakan, pihak Nya masih terus berupaya mencari Pilot dan penumpang lainnya. Ia berharap, pihak berwenang bisa bergerak lebih cepat menemukan para korban. “Susi Air terus berupaya mencari keberadaan pilot dan penumpang lainnya, karena hingga saat ini, mereka belum bisa dihubungi. Kami berharap, Otoritas berwenang bisa bergerak cepat untuk menemukan pilot dan penumpang,” kata Donal melalui keterangannya.

Sementara itu, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) atau KKB Papua, mengatakan bertanggung jawab atas pembakaran Pesawat Susi Air tersebut. “Kami TPNPB KODAP III Ndugama-Derakma, sudah membakar satu pesawat Jenis Susi Air nomor registrasi PK-BvY di lapangan terbang distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua,” tulis TPNPB dalam keterangan tertulis, Selasa (7/2/23). Diketahui, Lokasi Pesawat Susi Air Dibakar KKB di Papua
Pesawat Susi Air dengan nomor penerbangan SI 9368 dibakar KKB di Lapangan Terbang Paro, Distrik Paro, Nduga, Papua Tengah, pada sekitar pukul 06.35 WIT pagi tadi.

Komentar