Kodam XVIII/Kasuari Gelar Peringatan Isra’Miraj Nabi Muhammad SAW 1442 Hijriyah Tahun 2021 Masehi

JurnalPatroliNews – Manokwari,– Dalam rangka pelaksanaan kegiatan pembinaan mental (bintal) bagi Prajurit dan PNS, Kodam XVIII/Kasuari menggelar peringatan Isra’Miraj Nabi Muhammad SAW 1442 Hijriyah Tahun 2021 Masehi, di Masjid Istiqlal Kodam XVIII/Kasuari, Trikora Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, Rabu (17/3/2021).

Acara yang rutin dilaksanakan setiap tahun tersebut mengusung tema “Memaknai Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1442 H/2021 M sebagai landasan moral prajurit dan PNS di satuan jajaran Kodam XVIII/Kasuari bermental tangguh”. Dengan menghadirkan penceramah Ustazd Agus Siwanto S.PD.I yang mengangkat tentang hakikat Isra’ Mi’raj.

Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han) dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kepala Pembinaan Mental Kodam (Kabintaldam) XVIII/Kasuari, Kolonel Czi Didik Marhedi mengatakan bahwa peristiwa Isra’ Mi’raj adalah perjalanan spiritual Rasulullah SAW dari Masjidil Harom Mekkatul Mukarromah menuju ke Masjidil Aqsho di Palestina.

“Dalam perjalanan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW diperlihatkan beberapa tanda-tanda kekuasaan Allah yang banyak hikmahnya, kemudian Rasulullah SAW mendapat perintah sholat lima waktu. Sholat merupakan barometer dalam melakukan segala aktivitas sehari-hari umat Islam, sehingga apapun pekerjaan dan perbuatan yang dilakukan hendaknya mengambil contoh filosofis dari ibadah sholat yang dikerjakan,” ujarnya.

Lebih lanjut Pangdam menyampaikan, pelaksanaan sholat lima waktu merupakan bukti akan keimanan, ketaqwaan, serta pengabdian prajurit terhadap Allah SWT, seperti dalam surat Al-fatihah ayat 4 yang berbunyi “Hanya kepada-Mu Allah kami menyembah dan hanya kepada-Mu kami memohon pertolongan”. Hal tersebut akan melatih prajurit untuk disiplin dan berakhlak mulia serta menjiwai nilai-nilai kesetiaan dan pengabdian kepada bangsa dan negara.

“Saya mengharapkan kepada seluruh Prajurit dan PNS Kodam XVIII/Kasuari agar peringatan Isra’ Mi’raj ini jangan dijadikan sebagai seremonial belaka, namun hendaknya dimaknai sebagai upaya luhur untuk semakin meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Illahi Rabbi, Allah SWT,” ungkapnya.

Pangdam juga berharap peringatan Isra’ Mi’raj tersebut dapat memetik hikmah maupun menarik pelajaran penting dari peristiwa perjalanan Nabi Muhammad SAW, sehingga dapat dijadikan bekal dalam kehidupan Prajurit dan PNS Kodam XVIII/Kasuari sehari-hari, baik di satuan maupun di lingkungan masing-masing.

Acara digelar secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Hadir dalam kegiatan tersebut, para pejabat Kodam XVIII/Kasuari serta segenap Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS umat muslim Kodam XVIII/Kasuari.

(***/Bn)

Komentar