Kwarda Sulut Gandeng Basarnas Manado Gelar Pelatihan Dasar Pertolongan bagi Penegak dan Pandega

Pelatihan Dasar Pertolongan Kwarda Sulut di Kantor Basarnas Manado.

JurnalPatroliNews – Kwartir Daerah Sulawesi Utara (Kwarda Sulut) melaksanakan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Satuan Tugas (Satgas) Gerakan Pramuka Peduli, Jumat-Minggu (26-28/11/2021) di markas Basarnas Airmadidi.

Ketua Kwarda Sulut Vanda Sarundajang pada sambutan pembukaan mengatakan, kegiatan kali ini dilaksanakan dengan melibatkan Basarnas Manado dan 6 Dewan Kerja Cabang (DKC) se-Sulut.

Bacaan Lainnya

Vanda pada sambutannya yang disampaikan langsung oleh Elly Sopacoly sebagai Sekretaris Kwarda GP Sulut, mengatakan, Gerakan Pramuka merupakan organisasi pendidikan yang dimulai pada usia dini yang telah banyak menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, tangguh dan berprestasi sebagai wujud dari pengamalan Satya Darma Pramuka, dalam hal penanggulangan bencana pramuka.

Olehnya anggota Pramuka harus dibekali dengan pengetahuan dasar hingga terampil pencegahan, pencarian orang, resiko bencana, sementara bencana maupun paska bencana.

“Lewat pelatihan ini diharapkan meningkatkan keterampilan di bidang pencarian dan pertolongan bagi anggota Pramuka khususnya Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulut,” Elly Sopacoly.

Instruktur tangguh dari Basarnas Manado tak segan-segan memberi pelatihan High Angle Rescue Technique (HART) atau materi evakuasi korban di tempat ketinggian.

Kegiatan melibatkan 30 anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dari Dewan Kerja Cabang (DKC).

Kepala Kantor SAR Manado, Suhri Sinaga mengungkapkan, pelatihan ini sebagai wadah pertukaran informasi tentang pencarian dan pertolongan.

Materi yang diberikan diawali dengan informasi tentang Basarnas.

Pos terkait