Lantik 550 Prajurit TNI AD, Pangdam XII/Tpr : Pegang Teguh Sapta Marga dan Sumpah Prajurit

JurnalPatroliNews, Singkawang Kalbar – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad melantik sebanyak 550 prajurit Tamtama pada Penutupan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AD Gelombang I TA. 2020 di Tribun Lapangan Sapta Marga Rindam XII/Tpr, Kota Singkawang, Kamis (24/9).

Para Prajurit yang dilantik, mereka telah selesai mengikuti Dikmata TNI AD selama 20 minggu di Rindam XII/Tpr. Mereka telah dibekali dengan berbagai macam materi keprajuritan di antaranya yaitu sikap dan perilaku, pengetahuan dan keterampilan, serta jasmani dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas sebagai Prajurit Tamtama TNI AD.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad pertama kali mengucapkan selamat serta rasa bangga kepada para Prajurit Tamtama atas keberhasilannya dalam menyelesaikan pendidikan.

“Adapun tujuan pendidikan yang dilaksanakan adalah, membentuk prajurit siswa untuk menjadi Prajurit Tamtama TNI AD yang memiliki sikap dan perilaku sebagai Prajurit Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar keprajuritan golongan Tamtama serta memiliki kondisi jasmani yang samapta,” ujar Pangdam.

Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyampaikan, upacara pelantikan dan pengambilan sumpah bagi para Prajurit Tamtama, menandakan telah berakhirnya Dikmata TNI AD, dengan demikian secara resmi para Prajurit Tamtama telah memperoleh status sebagai Prajurit TNI AD.

Pada tahap selanjutnya mereka harus menempuh pendidikan lanjutan tahap II, khusus bagi prajurit kecabangan Infanteri akan melaksanakan pendidikan di Rindam XII/Tpr, sedangkan untuk kecabangan selain Infanteri akan melanjutkan pendidikan di Pusat Pendidikan sesuai kecabangan masing-masing.

“Untuk itu siapkan mental, fisik serta ilmu yang telah kalian peroleh pada tahap I, agar dapat mengikuti pendidikan tahap II dengan lancar. Lakukan pola hidup sehat dengan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan, konsumsi makanan bergizi dan minum vitamin, serta pedomani protokol kesehatan dalam setiap melaksanakan aktivitas,” pesan Pangdam kepada para Prajurit Tamtama.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tinginya kepada Danrindam XII/Tpr beserta Staf, para Gumil atas kerja kerasnya dalam menyelenggarakan pendidikan ini.

“Adakan evaluasi dan kaji ulang terhadap penyelenggaraan pendidikan ini, agar segala kekurangan yang dirasakan selama ini dapat disempurnakan pada penyelenggaraan pendidikan selanjutnya,” ujar Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengakhiri. (Suluh)

Komentar