Lestarikan Warisan Leluhur, Pameran IKM Bali Bangkit Terus Berlanjut

Bukan Sekedar Tempat Berjualan Namun Sudah Menjadi Pusat Kerajinan Asli Bali

JurnalPatroliNews.co.id – Denpasar,– Ny. Putri Koster menyampaikan bahwa sebagai Ketua Dekranasda Provinsi Bali salah satu tugasnya adalah untuk mengawasi kondisi kerajinan yang ada di daerah Bali. Hal tersebut disampaikan dalam sambutannya saat membuka IKM Bali Bangkit Tahap V tahun 2023 di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Provinsi Bali, Art Centre Denpasar, Rabu (7/6/2023).

“Titiang ingin menggerakkan potensi yang telah tertidur pulas karena covid. Titiang ingin mengawasi kondisi kerajinan yang terjadi di daerah Bali,” ungkapnya.

Hal inilah yang menurutnya menjadi cikal bakal digagasnya Pameran IKM Bali Bangkit atau PIBB di Provinsi Bali. Ia berharap PIBB akan terus berlanjut di Provinsi Bali sampai kapanpun. Karena menurutnya PIBB bukan lagi sekedar tempat untuk berjualan namun sudah menjadi tempat dimana orang-orang mencari pusat kerajinan.

“Niki jadinya Art Centre juga tempat mengedukasi para pengrajin bagaimana menentukan harga pokok, bagaimana mereka mempromosikan produk, bagaimana mereka membuka peluang pasar baru untuk produk-produknya,” jelas Ny. Putri Koster.

Ia juga menjelaskan jangan sampai karena sistem dan pola yang telah berjalan puluhan tahun ini satu warisan budaya leluhur Bali hilang. Oleh karenanya ia meminta agar seluruh masyarakat Bali dapat mendukung upayanya dengan menggunakan produk tenun asli Bali. “Apapun profesinya merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat Bali untuk melestarikan seni, tradisi, adat Budaya Bali serta kearifan lokalnya,” kata Bunda Putri.

Komentar