Lomba Kreasi Tingkat Kab. Buleleng, 10 Nominasi Inovasi Terbaik Dinilai

JurnalPatroliNews Buleleng – Sebagai “leading sector” di bidang inovasi daerah, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Buleleng mengadakan lomba Kreasi Inovasi Tingkat Kabupaten Buleleng untuk mencari inovasi terbaik. Melalui lomba itu, sebanyak 10 nominasi inovasi terbaik telah terjaring untuk dinilai lebih lanjut, seperti diungkapkan oleh Kepala Balitbang Kabupaten Buleleng Made Wiartana ketika dikonfirmasi JurnalPatroliNews pada Selasa pagi (05/10).

Terkait itu, Wiartana mengungkapkan, Lima Nominasi Terbaik tersebut terdiri 5 inovasi kategori perangkat daerah dan 5 inovasi kategori masyarakat/kelompok masyarakat.

Sebanyak 5 inovasi kategori perangkat daerah antara lain “Silakudes” oleh Kecamatan Gerokgak, “EE BULE KEPO” oleh Dinas Lingkungan Hidup, “SIAP” oleh Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Buleleng, “e-Klik” oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Kabupaten Buleleng, dan “SISUPEL” oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng.

Sedangkan 5 inovasi kategori masyarakat/kelompok masyarakat terdiri dari “Pemanfaatan Buah Anggur menjadi Selai Anggur” oleh PKK Desa Dencarik, “Pembuatan Brem Buah Desa Sidetapa” oleh Putu Kertiya, “Keripik Pegagan” oleh KWT Wijaya Kusuma, “Macan Laut Desa Temukus” oleh Pokmaswas Desa Temukus, dan “Sutra Wangi” oleh Ketut Wiwik Astuti.

Untuk menilai kelima inovasi tersebut untuk meraih 3 besar, Wiartana menggandeng 5 akademisi yang berasal dari sejumlah universitas di Kabupaten Buleleng. Penilaian akan diselenggarakan pada tanggal 18 Oktober 2021.

Melalui lomba itu, Wiartana mengatakan para pemenang akan diberikan trofi dan piagam penghargaan, selain itu inovasi yang diciptakan akan diterapkan secara berkesinambungan baik di instansi atau desa masing-masing atau digetoktularkan kepada pihak yang membutuhkan.

(*/TiR).-

Komentar