Mantan Gubernur Bali, Pencetus “Bali Mandara” Berbagi Kiat Hidup Sehat

  • Whatsapp
Foto: Mantan Gubernur Bali Made Mangku Pastika dalam video pendek dengan durasi 6 menit.

JurnalPatroliNews – Buleleng – Lama tidak muncul di publik, mantan Gubernur Bali, Made Mangku Pastika (MP) membuat video pendek. Video dengan durasi 6 menit tersebut diunggah orang di Group WA para wartawan Provinsi Bali pada Rabu 14 April 2021 bertepatan dengan hari raya Galungan 2021.

Dalam video pendek tersebut, Gubernur yang dikenal luas dengan program Bali Mandara ini berbagi tips hidup sehat.

Bacaan Lainnya

Ia menampilkan khasiat daun kelor untuk kesehatan. Mangku Pastika dalam videonya tersebut, sambil meracik daun kelor yang masih berupa ranting-ranting, dilepaskan daun – daunnya untuk dijadikan sayur.

“Daun kelor ini makanan paling sehat di dunia. Nutrisinya paling tinggi. Cukup dengan nanam lima pohon di pot, tiap hari kita makan sayur daun kelor,” ujarnya.

Dikatakan Mangku Pastika, dalam video tersebut, daun kelor adalah jenis sayuran yang bergizi tinggi. “Tidak pernah ada ulat di daun kelor. Gak pernah. Gak berani dia,” ujarnya.

Kalau orang Bali, kata sang pencetus program Bali Mandara ini, bahkan bukan hanya orang Bali, banyak orang mempercayai bahwa daun kelor juga dimanfaatkan untuk menangkal roh jahat (setan).

“Ini enak… Daun kelor, sambal sere dan ikan asin dibakar. Kasi lemo dan minyak, wah pasti sedap, ” kata Pastika.

Untuk manfaat kesehatan, Mangku Pastika mengatakan setiap kali makan, porsi daun kelor harus lebih banyak dari nasi yang mengandung karbohidrat.

“Jangan banyak nasi dari pada daun kelor. Nasi itu karbohidrat sementara daun kelor mengandung nutrisi paling lengkap di dunia. Di Perancis atau di luar negeri namanya miraccle leaf atau daun ajaib. Karena, di negara luar negeri tidak ada daun kelor. Kalau mereka mau ya musti impor dulu, ” ujar Pastika yang kini jadi senator daerah pemilihan Bali. (* – TiR).-

Pos terkait