Operasi Patuh Agung 2021, Polres Buleleng Tingkatkan Disiplin ProKes Covid–19 Dan Wujudkan Kamseltibcar Lantas

JurnalPatroliNews Buleleng – Kepolisian RI, termasuk Polres Buleleng jajaran Polda Bali, mulai Senin pagi – tanggal 20 September hingga 03 Oktober 2021 selama 14 hari ke-depan melaksanakan Operasi Patuh Agung – 2021 ditandai dengan Apel Gelar Pasukan di halaman depan Mapolres Buleleng.

Gelar Apel Pasukan Operasi Patuh Agung 2021 dengan Tema “Melalui Operasi Patuh Agung 2021 Kita Tingkatkan ProKes dan Tertib Berlalu Lintas Dalam Rangka Mencegah Penyebaran Covid-19 Serta Mewujudkan Kamseltibcar Lantas Yang Mantap” pagi itu dipimpin langsung Kapolres Buleleng AKBP Andrian Pramudianto, S.IK, SH, M.Si.

Pada Apel Gelar Pasukan pagi itu, dihadiri langsung Dandin 1609/Buleleng, Kadishub Kabupaten Buleleng, Kepala Jasa Raharja Perwakilan Singaraja, Kepala BPBD Kabupaten Buleleng dan Kasat Pol PP Kabupaten Buleleng beserta sejumlah personel yang terseprint dalam operasi serta perwakilan dari masing-masing instansi terkait.

Awsl pelaksanaan Gelar Apel Pasukan ditandai oleh Kapolres didampingi Dandim Buleleng beserta Pimpinan Instansi melakukan pemeriksaan pasukan.

Selain itu, Kapolres Andrian Pramudianto menjelang akhir Gelaran Apel Pasukan dengan pembacaan Amanat Kapolda Bali Irjen Pol Drs. Putu Jayan Danu Putra Putra, SH, M.Si.

Melalui amanat dilaksanakan Operasi Patuh Agung 2021 Kepolisian di Era Pandemi Covid-19 secara serentak di seluruh Indonesia oleh Kapolda Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra ditekankan, pertama untuk mewujudkan dan memelihara kemanan, keselamatan dan kelancaran ketertiban berlalu lintas (Kamseltibcarlantas).

“Kedua meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, dan ke-tiga membangun budaya tertib berlalu lintas serta ke-empat meningkatkan kualitas pelayanan publik,” tegasnya.

Kapolda juga mengisyaratkan, bahwa ke-empat point tersebut merupakan hal yang kompleks dan tidak bisa ditangani oleh pihak Polantas sendiri, melainkan sinergitas antar pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar masalah dan solusinya yang harus diterima dan dijalankan oleh semua pihak.

Setelah pelaksanaan Apel Pasukan, oleh Kapolres AKBP Andrian Pramudianto yang didampingi Kasat Lantas Iptu Anton Suherman, S.IK dilakukan pemeriksaan kesiapsiagaan kendaraan bermotor (ranmor) selaku sarana dan prasarana yang akan dipergunakan dalam Operasi Patuh Agung 2021 dan seluruh kendaraan sudah siap dimanfaatkan Anggota.

Kapolres juga bmenyampaikan, bahwa kegiatan Operasi Patuh ini untuk melakukan edukasi terhadap masyarakat. Sasaran utamanya, adalah menurunkan angka mobilitas untuk mencegah kerumunan di masa PPKM Level 3 Covid–19 dan juga menurunkan pelanggaran hukum serta angka kecelakaan lalu lintas.

“Dalam operasi ini mengedepankan tindakan simpatik dan memberikan himbauan kepada masyarakat,” ujar Kapolres AKBP Andrian Pramudianto dengan nada berharap.

(*/TiR).-

Komentar