Pantau Arus Mudik, Kapolda Setyo Budiyanto Berjalan Kaki Menyapa Warga di Pelabuhan Manado

JurnalPatroliNews – Manado – Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto bersama istri menyempatkan diri menyapa masyarakat di Pelabuhan Manado dalam kegiatannya memantau keamanan dan arus mudik lebaran 1444 H, Rabu (19/4/2023) sore.

Irjen Pol Setyo berjalan kaki dari pintu Pelabuhan Manado, Kawasan Pasar 45 Wenang, Kota Manado bahkan sampai masuk ke dalam Kapal Laut untuk memantau langsung keamanan dan kesiapan pos mudik dan aparat jelang hari raya.

Aksi Irjen Pol Setyo tersebut tak pelak langsung membuat dirinya menjadi pusat perhatian masyarakat yang sedang berada di Pelabuhan Manado. Dalam kesempatan itu, Irjen Pol Setyo dikawal langsung oleh Kapolresta Manado Kombes Pol Julianto Sirait.

Tampak banyak masyarakat di Pelabuhan Manado baik penumpang kapal yang akan mudik maupun buruh pelabuhan menyapa “Apa Kabar Pak Kapolda” kepadanya dengan nada girang. Irjen Pol Setyo pun merespons mereka yang menyambutnya dengan lambaian tangan dan senyum semringah.

Ada yang mengajak foto, adapula yang diajak berbincang oleh Jenderal Polisi bintang dua tersebut.

Saat memasuki kapal, Irjen Pol Setyo turut menyapa penumpang yang akan mudik lebaran, dia berpesan kepada penumpang untuk saling menjaga ketertiban selama dalam perjalanan dan mengucapkan salam, “semoga tiba di tempat tujuan dengan selamat, salam buat keluarga,” ucapnya.

Salah satu penumpang kapal yang akan menuju ke Kepulauan Talaud tampak sangat senang saat bertemu dengan pria nomor satu di Kepolisian Sulawesi Utara ini.

“Biasanya cuma lihat di berita dan di TV, kali ini bapak Kapolda menyapa langsung kepada kami, ini bukti kalo Polisi hadir ditengah masyarakat,” kata Irwan salah satu pemudik yang akan menuju Talaud.

Ada dua kapal yang diperiksa langsung oleh Irjen Pol Setyo Budiyanto, yakni kapal tujuan Kabupaten Kepulauan Talaud dan Ternate, Maluku Utara.

Usai meninjau kapal dan berbincang dengan para penumpang, Irjen Pol Setyo Budiyanto mengatakan jika dari laporan yang masuk arus mudik tahun ini tidak lebih tinggi dibandingkan tahun lalu.

“Dari laporan yang masuk jika dibandingkan dengan tahun kemarin sebenarnya belum ada kenaikan jumlah penumpang. Malahan tadi menurut KSOP tahun ini turun jumlahnya,” kata dia.

Meski demikian, ia tetap memberikan imbauan kepada para pemudik untuk tidak memaksakan diri bila kapal sudah penuh.

Mantan Kapolda NTT ini juga meminta agar pihak KSOP Manado rutin memeriksakan keamanan dan kesiapan dari kapal sebelum meninggalkan Pelabuhan Manado.

Yang paling ditekankan oleh Irjen Pol Setyo Budiyanto adalah terkait kelayakan kapal dan ketersediaan pelampung.

“Jadi sebelum kapal-kapal ini berangkat, harus dipastikan dulu kelayakannya dan ketersediaan pelampung,” tandas Irjen Pol Setyo.

Komentar