Pelaksanaan Pilkel Serentak Di Buleleng Berjalan Sukses, Aman & Tanpa Gangguan

JurnalPatroliNews – Buleleng – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Buleleng, Nyoman Jaya Sumpena mengatakan, pelaksanaan Pemilihan Perbekel (Pilkel) Serentak yang berlangsung di 40 desa dalam wilayah delapan Kecamatan di Kabupaten Buleleng telah berjalan dengan sukses aman dan tanpa gangguan.

Bahkan, lanjut Jaya Sumpena, Pelaksanaan Pilkel pada hari Minggu (31/10) hingga usai penutupan proses penghitungan surat suara tidak ditemukan ada kendala berarti yang dapat menggangu jalannya Pilkel serentak di Buleleng.

“Kami berharap dari penetapan hingga pelantikan (perbekel terpilih) tidak ditemukan kendala yang menjadi penghambat proses tahapan Pilkel terganggu. Kita tunggu pleno penetapan besok (Senin, 1 November 2021),” tandasnya.

Seperti halnya di dua desa wilayah Kecamatan Buleleng, baik Desa Baktiseraga maupun Desa Poh Bergong, di antara 38 desa lainnya yang melaksanakan Pilkel.

Di Desa Baktiseraga diikuti oleh tiga kandidat perbekel termasuk incumbent. Ketiga kandidat Perbekel Baktiseraga itu, adalah Putu Gusti Armada (incumbent Perbekel) Nomor urut 1; Gusti Putu Kandita, SE, Nomor urut 2; dan Gede Karang Sadnyana, Nomor urut 3.

Alhasil, incumbent Perbekel Gusti Putu Armada, kandidat Nomor urut 1, tidak tergoyahkan. Jik Armada, sapaan Gusti Putu Armada, meraih dukungan suara terbanyak di antara dua kandidat lainnya. Jik Armada meraih 1.899 suara jauh di atas dua rivalnya. Gusti Putu Kandita, SE, hanya mendapat 47 suara; sedangkan Gede Karang Sadnyana mendapat 931 dukungan suara.

Dengan hasil perhitungan suara itu maka incumbent perbekel Gusti Putu Armada tetap mempertahankan tahta kekuasaanya sebagai Perbekel Baktiseraga 2021-2027.

Sementara di Desa Pohbergong, para srikandi yang bertarung dalam perebutan kursi perkebel berguguran. Di Desa Pohbergong terjadi tarung bebas karena incumbent Perbekel tidak ikut lagi dalam kontestasi itu. Sebanyak empat kandidat dengan perincian dua kandidat perempuan alias kandidat srikandi masing-masing Ni Ketut Meni dan Ni Nyoman Suartini; sedangkan dua kandidat lainnya adalah kaum adam yakni Wayan Wagia, S.Sos, dan I Wayan Sukadana.

Hasil perhitungan suara, Wayan Wagia, S.Sos, Nomor urut 2, meraih suara dukungan terbanyak dari masyarakat Pohberbong yakni 1.024 suara dukungan. Ni Nyoman Suartini menempel ketat Wagia dengan mendapat 811 suara. Sedangkan I Wayan Sukadana hanya memperoleh 80 suara, dan Ni Ketut Meni hanya kebagian 30 suara dukungan.

Dengan demikian maka Watan Wagia, S.Sos, dipastikan terpilih sebagai Perbekel Pohberbong periode 2021-2027.

(*/TiR).

Komentar