Pelaksanakan Pemantapan Implementasi Aplikasi E-Surat Hari Kedua Diskominfosanti Kabupaten Buleleng Sasar Empat Desa

JurnalPatroliNews – Buleleng – Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Buleleng, pada hari Selasa (16/11) kembali melaksanakan kegiatan Pemantapan Implementasi Aplikasi E-Surat yang menyasar 4 Desa di Kecamatan Busungbiu. Kegiatan di hari kedua ini dipimpin langsung oleh Kabid Persandian dan statistik, Nyoman Suyasa,S.E, M.AP. didampingi Kasi Operasional dan Pengamanan Persandian, Komang Ery Marta Pariata, ST. beserta staf.

Kadis Kominfosanti Kabupaten Buleleng Ketut Suwarmawan di Singaraja, Rabu pagi (17/11) mengungkapkan, Desa yang dikunjungi dalam kegiatan ini yaitu, Desa Tinggarsari, Desa Pelapuan, Desa Umejero dan Desa Bengkel. Pada masing-masing Kantor Desa, Tim terpadu diterima Perbekel, Sekdes dan seluruh perangkat desa.

Dalam kegiatan ini, Suyasa memaparkan implementasi dan pemanfaatan aplikasi e-surat Buleleng dan memberikan solusi atas kendala yang dihadapi dalam penggunaan aplikasi e-surat.

Dijelaskan juga, kegiatan implementasi e-surat ini disambut antusias oleh pejabat di lingkungan Pemerintah Desa. Menurut Perbekel dari 4 Desa tersebut, e-surat memudahkan mereka dalam mengirim surat tanpa harus perlu mengirimnya secara manual, begitupun juga instruksi atau disposisi kepada perangkat desa untuk pelaksanaan administrasi menjadi lebih efisien.

Perbekel dan perangkat desa berkomitmen untuk menggunakan aplikasi e-surat Buleleng ini dalam administrasi persuratan.
Selanjutnya, mereka menginginkan segera memperoleh fasilitas sertifikat elektronik untuk perbekel, untuk lebih memudahkan mereka dalam administrasi di Kantor Desa.
Di samping itu, pihak desa meminta agar dalam aplikasi dilengkapi dengan jabatan Ketua BPD, Bumdes dan PKK, sehingga nantinya lebih memudahkan Perbekel dalam melakukan disposisi.

(*/TiR).

Komentar