Pemilu 2024: Bawaslu Buleleng Lakukan Evaluasi Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih Dan Penyusunan Daftar Pemilih

JurnalPatroliNews.co.id – Singaraja,- Pengawasan Tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) yang dilaksanakan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih telah selesai dilaksanakan.

Bawaslu Buleleng gelar evaluasi hasil pengawasan bersama jajaran Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Buleleng di New Sunari Lovina Beach Resort, Lovina, Buleleng. Hadir anggota Bawaslu Provinsi Bali I Wayan Widyardana Putra dalam evaluasi yang dilaksanakan Sabtu (18/3/2023) itu.

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Bali ini dalam paparannya mengungkapkan bagaimana pengawasan yang telah dilakukan dalam memastikan seluruh warga yang memiliki hak pilih terdaftar pada data pemilih.

“Data Pemilih sebenarnya sangat sederhana, hanya menambahkan yang sudah sesuai dengan ketentuan dan mengurangi atau menghapus yang tidak sesuai. Tetapi pada prosesnya memang selalu ada kendala. Ada banyak keterbatasan, sehingga mengapa pengawasan sangat penting dilakukan,” ujarnya.

Widy juga menambahkan dari hasil pengawasan, bagaimana dinamika yang terjadi di lapangan pada saat pengawasan Coklit.

Ada lebih kurang sebanyak 426 saran perbaikan yang telah disampaikan oleh jajaran Pengawas kepada jajaran pelaksana teknis KPU dalam proses coklit se-Bali. Sementara di Kabupaten Buleleng sendiri ada 19 saran lerbaikan yang disampaikan.

Komentar