Polresta Manado Tingkatkan Patroli Siber Jelang Tahun Politik 2024

JurnalPatroliNews – Manado – Polresta Manado meningkatkan patroli siber menjelang Pemilu 2024 untuk mengantisipasi berita dan informasi bohong (hoaks) di media sosial.

Hal tersebut dikatakan, Kapolresta Manado Kombes Pol Julianto Sirait dalam kegiatan Jumat Bacerita, Polisi bersama masyarakat di Kawasan Marina Plaza, Wenang Kota Manado, Jumat, (28/4/2023).

Pihaknya juga terus melakukan pemantauan di dunia maya termasuk media sosial terhadap kerawanan yang terjadi menjelang pemilu, selain pemantauan berita hoaks.

“Kita (Polresta Manado) melakukan patroli siber tiap hari, dan tiap Kasat tertentu melaporkan ke Kapolresta setiap pagi,” ujar Kapolresta Sirait.

Menurutnya, menciptakan keamanan dan ketertiban di tahun politik ini merupakan tanggungjawab semua pihak.

“Jelang Pemilu sejauh ini, kota Manado masih baik-baik saja,” ungkap Kapolresta.

Dijelaskan Kapolresta, saat ini yang dilakukan pihaknya dalam memasuki tahun politik 2024 adalah cooling down system. Yang dimaksudkan mengumpulkan informasi sekecil-kecilnya dari masyarakat.

“Ini bentuk persiapan kami untuk melakukan antisipasi terkait potensi masalah yang berkaitan dengan tahun politik atau pemilu,” jelas Kapolresta.

Kapolresta Sirait juga menyebutkan Polresta Manado juga telah menyiapkan strategi tersendiri dalam memasuki tahapan pemilu

“Termasuk mulai dari tahapan pendaftaran bakal calon legislatif hingga pelaksanaan pemilu,” tandas Kapolresta.

Komentar