RI Sudah Buka Pintu Tapi Belum Ada Turis yang ke Bali, Why?

JurnalPatroliNews Bali – Sampai saat ini belum ada penerbangan internasional yang masuk di Bandara Ngurah Rai, Bali. Padahal pemerintah sudah memberikan lampu hijau bagi wisatawan asing yang masuk ke bandara itu.

“Sampai saat ini belum ada informasi lanjut terkait slot penerbangan dan belum ada update penerbangan internasional,” kata Humas Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Taufan Yudhistira, kepada CNBC Indonesia Jumat (15/10/2021).

Sampai saat ini belum ada maskapai yang mengajukan slot penerbangan untuk kedatangan maupun keberangkatan dari/menuju bandara Ngurah Rai. Menurut Taufan kemungkinan maskapai masih menunggu regulasi teknis, juga strategi komersialisasi tiket masing-masing maskapai.

Dikonfirmasi kepada Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati mengatakan, aturan teknis itu masuk dalam Surat Edaran (SE) yang sudah diterbitkan pada hari ini Jumat (15/10/2021).

“SE sudah ada, diterbitkan hari ini, mengapa hari ini karena kami merujuk dulu pada SE Satgas yang baru diterbitkan kemarin, butuh waktu memang,” katanya kepada CNBC Indonesia, Jumat (15/10/2021).

Menurut Adita penerbangan internasional juga butuh waktu untuk sosialisasi ke calon penumpang. Artinya setelah pintu penerbangan di buka tidak semerta-merta langsung ada penerbangan komersial ke Bali.

Adita mengatakan syarat-syarat penumpang juga baru diterbitkan dalam Surat Edaran Satgas kemarin. Sehingga surat acuan teknis penerbangan baru bisa dibuat setelah adanya edaran sari Satgas Covid – 19.

“Sebenarnya yang butuh dipastikan adalah permintaannya. Usulan penerbangan tentu sangat ditentukan oleh penumpang yang diangkut. Dan ini butuh sosialisasi pasar di sana, termasuk paket wisata yang ada di Bali,” katanya.

(*/TIR)

Komentar