Sabet Indonesia Award 2020, Gubernur Sulut Dondokambey : Berkat Dukungan dan Soliditas Masyarakat Sulut

Jurnalpatrolinews – Jakarta : Gubernur Sulawesi Utara (cuti), Olly Dondokambey sukses meraih Indonesia Award (IA)-IV 2020 untuk kategori bidang Pertanian dan Perdagangan, dengan apresiasi terhadap program Asuransi Pertanian dan terobosan Ekspor Komoditas daerah ke manca-negara di tengah Pandemi Covid-19.

Penganugerahan Award berlangsung meriah, dan disiarkan secara live di stasiun INews TV, Rabu (7/10/2020) malam.

Dalam acara itu, Olly tampak berbincang hangat dengan panitia serta dewan juri, termasuk Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga Ketua Umum Partai Golkar, serta pemilik MNC Grup Harry Tanoesodibjo.

“Saya sampaikan terimakasih kepada INews atas penghargaan untuk Sulawesi Utara ini. Dan ini didukung juga oleh Bapak Menko Perekonomian bapak Airlangga Hartarto,” ujar Olly saat mengangkat piala IA-IV 2020.

Ia menjelaskan, terobosan kebijakan sektor pertanian, perikanan, dan seluruh bidang perekonomi Sulawesi Utara memang akan terus dilakukan. Termasuk di tengah Pandemi Covid-19, Sulawesi Utara berhasil membuka ekspor hasil pertanian dan perikanan ke Jepang dengan penerbangan kargo langsung dari Manado ke bandara Narita, Tokyo, Jepang.

Tak lupa, Olly menyampaikan terimakasih setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat Sulawesi Utara yang solid mendukung pembangunan Sulut selama ini.

Olly Dondokambey sukses meraih Indonesia Award (IA)-IV 2020 untuk kategori bidang Pertanian dan Perdagangan

Olly Dondokambey sukses meraih Indonesia Award (IA)-IV 2020 untuk kategori bidang Pertanian dan Perdagangan (foto ist)

“Saya sampaikan terimakasih, karena sesungguhnya semua keberhasilan dan capaian kami selama ini karena soliditas dan sinergi dengan masyarakat Sulut,” jelasnya.

Olly Dondokambey yang menjadi Calon Gubernur (Petahana) di Pilkada Sulut 2020 menegaskan bahwa capaian dan sukses pembangunan di Bumi Nyiur Melambai tentunya harus terus dilakukan, agar kemajuan yang dicapai ini menjadi tambah maju lagi.

“Dan yang pasti, Indonesia Award ini tentunya menjadi kebanggaan bagi semua masyarakat Sulawesi Utara, sehingga kita lebih solid dan tambah kompak lagi kedepannya,” jelas Olly.

Pemerintahan Daerah Sulut di bawah Olly Dondokambey-Steven Kandouw memang sukses mengangkat Nilai Tukar Petani (NTP) dari 96,21 di tahun 2016 menjadi 98,23 di tahun 2019. Ini mengindikasikan tingkat kesejahteraan petani semakin melesat.

Untuk melindungi panen, Olly Steven melakukan terobosan melalui program asuransi gagal panen kepada petani yang kali ini sudah mencapai 3.000 hektar dan akan terus diperluas.

Selain itu, Pemerintahan Olly Steven juga memberikan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) untuk membantu petani penggarap agar lebih produktif. Pemberian asuransi juga kepada para peternak sebanyak 3000 peternak dan masih terus ditambah.

Sementara Nilai Ekspor komoditas pertanian Sulawesi Utara di bawah kepemimpinan Olly Dondokambey-Steven Kandouw meningkat pesat yakni dari 1,021 Juta US$ di tahun 2016 menjadi 3,735 Juta US$ di tahun 2019.

Aktivitas ekspor Sulawesi Utara terus meningkat, sejalan dengan bertambahnya produk komoditi ekspor menembus pasar manca negara.

Bertepatan dengan HUT Provinsi Sulut ke 56, pada 23 September 2020 Gubernur Olly Dondokambey membuka jalur ekspor via cargo pesawat Garuda ke Narita Jepang yang mengangkut produk perikanan dan kelautan seperti ikan tuna, ikan nila (mujair) dan rempah-rempah antara lain jenis bawang merah.

Terobosan ekspor oleh pemerintahan Olly Steven ini terbilang fenomenal karena justru digencarkan saat kondisi pandemi covid 19 menghantam hampir semua sektor.

Komentar