Satgas: Bali Daerah Terbanyak Zona Merah Covid-19

  • Whatsapp
Foto : CNN

@ Zona merah Covid-19 pada pekan ini bertambah menjadi 11 kabupaten/kota. Provinsi Bali menjadi penyumbang zona merah terbanyak.

JurnalPatroliNews – Jakarta – Zona merah atau wilayah dengan risiko tinggi penularan virus corona (Covid-19) di Indonesia saat ini berjumlah sebelas kabupaten/kota. Data itu berdasarkan catatan perkembangan terakhir Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 per 11 April.

Bacaan Lainnya

Pada pekan ini zona merah bertambah dari pekan lalu yang hanya 10 daerah. Provinsi Bali tercatat menjadi wilayah penyumbang terbanyak zona merah Covid-19 pekan ini.

Wilayah zona merah Covid-19 tersebut antara lain Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Buleleng, dan Kabupaten Tabanan, Bali.

Kemudian Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Kabupaten Deli Serdang dan Kota Medan, Sumatera Utara.

Selanjutnya Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah serta Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Untuk pekan ini, Pulau Jawa tak memiliki daerah zona merah Covid-19. Rata-rata daerah di Jawa masuk dalam zona kuning dan oranye.

Sementara itu, terdapat 316 kabupaten/kota masuk dalam zona oranye atau wilayah risiko sedang penularan covid-19

Seluruh wilayah DKI Jakarta, yakni Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara masuk dalam zona oranye Covid-19.

Sedangkan untuk zona kuning atau wilayah dengan risiko rendah penularan Covid-19 mengalami penurunan. Pada pekan ini zona kuning tersisa 178 kabupaten/kota dari pekan lalu yang berjumlah 207 wilayah.

Kemudian zona hijau atau daerah tidak ada kasus dan tak terdampak penyebaran virus corona hanya tersisa sembilan kabupaten/kota.

Wilayah zona hijau tersebut antara lain Nias Barat, Nias Selatan, dan Nias Utara, Sumatara Utara. Selanjutnya, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Mamberamo Raya, dan Kabupaten Doiyai, Papua. Lalu Pegunungan Arfak, Papua Barat.

Sedangkan dua daerah zona hijau lainnya yakni Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara dan Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku.

Kasus positif Covid-19 masih terus bertambah. Data Satgas per Senin (12/4), kasus positif bertambah 4.829 orang. Sementara pasien Covid-19 sembuh bertambah 5.289 orang, dengan kasus meninggal 126 kasus orang.

Secara kumulatif, sebanyak 1.571.824 orang dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Dari jumlah itu sebanyak 1.419.796 orang telah sembuh, 109.372 orang menjalani perawatan, dan 42.656 orang lainnya meninggal dunia. (* – TiR).-

Sumber: CNN Indonesia

Pos terkait