Sekda Buleleng Buka Kegiatan Peransaka Tahun 2021 Di Tejakula

JurnalPatroliNews – Buleleng – Mewakili Bupati Buleleng, Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng Gede Suyasa yang juga selaku Ketua Kwarcab Buleleng menghadiri sekaligus membuka kegiatan Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka (Peransaka) Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Buleleng Tahun 2021 di Gedung Aula Terbuka SMA Negeri 1 Tejakula, Sabtu (11/12).

Pembukaan kegiatan Peransaka di wilayah desa kelahiran Gede Suyasa, Tejakula ini ditandai dengan penancapan kapak kegiatan dan penyematan tanda peserta.

Sekda Suyasa mengatakan, setiap tahun telah dilakukan evaluasi terhadap seluruh struktur organisasi yang ada di gerakan pramuka termasuk satuan karya pramuka (Saka) ini. “Beberapa saka yang kemarin belum dibentuk akan kami bentuk kemudian diresmikan, setelah itu mereka bisa bikin gerakan bersama yaitu peransaka hari ini,” ujarnya.

Ke-depan, lanjut Sekda Suyasa, karena mereka sudah berdiri dan tidak lagi membentuk pengurus baru maka tentu yang diperlukan adalah menyusun program kegiatan yang mereka bisa lakukan.

“Kita berharap penyusunan program itu harus yang mereka bisa lakukan. Jadi saka-saka yang bisa dilakukan itu bisa disusun, mengingat juga situasi seperti covid sekarang ini. Mudah-mudahan tahun depan covid sudah terkendali sehingga program skedul tidak terganggu dan kegiatan dikeperamukaan khususnya disaka-saka bisa berjalan sesuai harapan,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan Peransaka Gerakan Pramuka Tahun 2021, Cokorda Aditya melalui sambutannya mengatakan, kegiatan ini akan berlangsung selama 2 hari, yakni pada tanggal 11 dan 12 Desember 2021, dan diikuti oleh beberapa Anggota Satuan Karya Pramuka dengan jumlah peserta sebanyak 65 anggota.

Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan, diantaranya dinamika kelompok, diskusi panel, anjang saka, api unggun, pentas budaya, pembagian paket sembako, pembersihan pantai, penanaman pohon serta pemberian materi tentang penanggulangan bencana.

Lebih jauh dijelaskan, semua dana kegiatan penyelenggaraan ini berasal dari dana Kwarcab Buleleng hibah APBD Buleleng tahun 2021.

Pihaknya berharap, semoga kegiatan ini berjalan lancar dan memberikan kontribusi yang positif terhadap kemajuan Gerakan Pramuka di Kabupaten Buleleng.

Dipenghujung kegiatan, Sekda Suyasa memberikan bantuan paket sembako dan bibit pohon kepada perwakilan warga di Desa Tejakula lanjut mengunjungi Anjungan Pameran Satuan Karya Pramuka.

Komentar