Sekda Buleleng Resmikan Layanan PUSKESOS dan SLRT di Kabupaten Buleleng

JurnalPatroliNews – Buleleng – Upaya mengatasi permasalahan – permasalahan data yang sering tidak selaras antara data di desa/kelurahan dengan data di Kabupaten Buleleng seperti data orang miskin, disabilitas, data manula serta data-data permasalahan sosial lainnya yang tidak jarang menyebabkan kekisruhan di masyarakat, sehingga dapat menghambat upaya-upaya pengentasan kemiskinan di Kabupaten Buleleng, seperti diungkapkan Bupati PAS sapaan akrab Putu Agus Suradnyana, ST.

Untuk itu Bupati PAS mengintruksikan supaya dibentuk Pusat Kesejahteraan Sosial (PUSKESOS) Desa/Kelurahan dan Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) Kabupaten Buleleng.

Melalui sambutan tertulis Bupati PAS yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng Drs. Gede Suyasa, M.Pd itu pada acara ‘launching’ dan peresmian gedung ruangan PUSKESOS DAN SLRT, hari Selasa (21/12) di Kantor Dinas Sosial Kabupaten Buleleng.

Sekda Buleleng Drs. Gede Suyasa, M.Pd berharap, dengan keberadaan gedung PUSKESOS dan SLRT ini, proses keakuratan data tentang kesejahteraaan sosial akan lebih terjamin, sehingga dapat menghindari konflik – konflik horizontal, tidak ada merasa di diskriminasikan atau tidak diberi keadilan, karena data sudah akurat, sehingga program-program bantuan ke masyarakat menjadi efektif dan efisien serta tepat sasaran.

Kadis Sosial I Putu Kariaman Putra, S.Sos, MM juga menjelaskan, proses pemutahiran data akan disesuaikan dengan aplikasi yang ada di PUSKESOS dan SLRT, sehingga data yang berawal dari desa/kelurahan akan selaras dengan data yang ada di Kabupaten.

Proses ini akan secara berkelanjutan dilakukan dan diharapkan tidak ada lagi permasalahan perbedaan data, sehingga dapat menghindari rasa ketidakpuasan masyarakat, terkait dengan program bantuan yang akan di luncurkan/diberikan.

“Program ini intinya membantu warga masyarakat dalam rangka pemutahiran data yang sesuai kenyataan jujur yang berdasarkan instrumen yang sudah ditentukan aplikasi dan mampu melancarkan program Pemerintah Daerah terkait permasalahan sosial,” ucap Kariaman.

Untuk diketahui, ‘launching’ peresmian PUSKESOS dan SLRT dihadiri juga oleh beberapa Pimpinan SKPD lingkup Kabupaten Buleleng dan para Camat serta Perbekel Desa se-Kabupaten Buleleng.

(TiR).-

Komentar