Sempat Terlantar Di Papua, Warga Desa Ringdikit, Buleleng, Bali Berhasil Dipulangkan

JurnalPstroliNews – Buleleng, Setelah sempat terlantar di Sorong Papua akibat menderita stroke, Putu Arie Salah seorang warga asal Desa Ringdikit berhasil berkumpul kembali dengan keluarganya.

Setelah sempat ramai dibicarakan di media sosial terkait salah seorang warga Desa Ringdikit, Kecamatan Seririt terlantar di Sorong – Papua membuat LSM Puskor Hindunesia terketuk untuk menggalang donasi untuk membantu pemulangan Putu Arie yang kondisinya menderita stroke.

Setelah menempuh usaha yang panjang, akhirnya pada hari Minggu 11 Oktober 2020, Putu Arie bisa berkumpul lagi bersama keluarga di Buleleng dan mengingat kondisi yang bersangkutan belum stabil maka langsung dirujuk ke RSUD Buleleng untuk menjalani perawatan.

Sang ayah, Ketut Kajeng dikonfirmasi di ruang IGD RSUD Buleleng menceritakan, anaknya merantau keluar bali sejak 2 tahun lalu ke Kalimantan, tak berselang lama lalu pindah ke Irian jaya kemudian ke Papua.

”Dulu saya kerja di Kalimantan di perkebunan kelapa sawit, karena ada perkebunan di Irian jaya dipindahkan, karena terjadi keributan di Irian Jaya diajak bekerja ke Papua Barat, karena banyak orang Bali, sekarang dapat informasi, karena dia sakit, sehingga sekarang dia bisa pulang ke Bali kami ucapkan terimakasih kepada semuanya,” ungkapnya.

Lanjut Ketut Kajeng mengungkapkan, pihak keluarga sangat berterima kasih atas usaha semua pihak untuk membantu pemulangan anaknya.

”Saya merasa sangat terharu dan sangat berterimakasih, karena saya bisa pulang ke Bali,” ujarnya.

Ketua Umum Puskor Hindunesia Dr. Ida Bagus Ketut Susena, S. Kom mengungkapkan, proses pemulangan Putu Arie ke Buleleng menempuh perjalanan yang panjang, mengingat jarak yang jauh dan kondisi yang bersangkutan dalam kondisi sakit dan berkat kerjasama dari berbagai pihak, akhirnya Putu Arie dipulangkan ke Singaraja, Buleleng, Bali.

”Proses evakuasi ini memang sangat panjang, karena kondisi naik turun, dari pertama kali ditemukan di sorong dan kami tangani secara swadaya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buleleng I Putu Kariaman Putra, S.Sos, MM mengungkapkan, pihaknya akan terus melakukan pendampingan kepada yang bersangkutan maupun keluarganya, mengingat kondisinya kurang mampu.

”Jadi pada intinya dari ada informasi di media sosial ada warga Buleleng kondisi sakit di sorong kami sudah fasilitasi dan kami juga melakukan pendekatan dan hari ini bisa dipulangkan,” jelasnya. (TiR).-

Komentar