Setelah 30 Tahun, Pura Agung Jagatnatha Gelar Upacara Mupuk Pedagingan

JurnalPatroliNews.co.id – Singaraja,- Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana didampingi Sekretaris Daerah Gede Suyasa menghadiri persembahyangan bersama pada Upacara Mupuk Pedagingan lan Melaspas serangkaian Piodalan Pura Agung Jagatnatha, Minggu (25/6/2023).

Adapun rangkaian kegiatan piodalan ageng mulai dari tanggal 18 Juni yaitu upacara negem dewasa, tanggal 24 Juni kemarin upacara mepepada nganggen caru manca kelud, dan pada hari ini diselenggarakan upacara mecaru balik sumpah yang dipuput oleh Tri Sadhaka.

Ditemui usai kegiatan, I Nengah Dwi Endra Suantara selaku Wakil Kelihan 1 Pura Jagatnatha menyampaikan rasa syukurnya atas terselenggaranya rangkaian kegiatan piodalan agung rutin dilaksanakan setiap tahunnya dan tepat pada tahun ini sudah mencapai 30 tahun, yang mana piodalan pertama dilaksanakan pada tahun 2003.

Ditambahkannya, puncak acara piodalan tahun ini akan dilaksanakan pada tanggal 3 Juli dan dilanjutkan dengan bakti penganyar dari tanggal 4 Juli hingga 12 Juli dari 9 kecamatan di Kabupaten Buleleng.

Diakhir, dirinya mengajak seluruh elemen yang ada di Kabupaten Buleleng untuk bersedia ngaturang ayahan seperti tempekan yang terdiri dari elemen TNI, Polri, ASN lingkup Pemkab Buleleng, serta perwakilan Kecamatan dan Desa Adat pada tahapan bakti penganyar.

“Semoga piodalan kali ini berjalan lancar sesuai yang kita harapkan,”pintanya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Plt. Asisten 1 Setda Buleleng Gede Sugiartha Widiada, perwakilan dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali, Pimpinan SKPD terkait Lingkup Pemkab Buleleng, Pimpinan Perumda Lingkup Pemkab Buleleng, Ketua FKUB Buleleng.

Komentar